30 Mei 2009

Surabaya Shoping Festival 2009 Meriahkan HUT Ke 716 Kota Surabaya

Menyambut HUT ke 716 Kota Surabaya, bulan Mei mendatang sederet kegiatan telah direncanakan, termasuk aneka festival dan gelaran seni budaya. Diantaranya, pesta diskon besar-besaran, dalam Surabaya Shopping Festival 200 (SSF 2009).

Pada event ini Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bekerjasama dengan Surabaya Tourism Promotion Board (STPB) ditunjuk Pemerintah Kota Surabaya menjadi Panitia Penyelenggara SSF 2009. SSF tahun ini dijadwalkan mulai 1 Mei sampai 31 Mei 2009.

NEIL V. STOREY Ketua Panitia SSF 2009 mengatakan, SSF tahun ini agak berbeda dibandingkan tahun lalu, disamping memberikan diskon sampai dengan 70% di sekurangnya 15 pusat perbelanjaan, dijadwalkan juga akan membuat empat rekor MURI.

“Untuk penyalaan kembang api di 15 mal secara bersamaan, pembangunan 13 taman kota dari 13 SPBU, belajar internet anak-anak secara bersamaan 1.000 anak, dan belajar internet dengan perserta perempuan 1.000 orang,” ujar NEIL V. STOREY.

YUSAK ANSHORI Executive Director STPB, yang juga Ketua I SSF 2009 menambahkan, situasi krisis seperti sekarang ini harus lebih kreatif membuat acara sehingga dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan regional (Asia) yang tipikalnya memang menyukai wisata belanja.

“Kami telah melakukan promosi sejak dua bulan yang lalu melalui semua kantor perwakilan STPB yang diluar negeri maupun di dalam negeri. Disamping itu kami juga melakukan promosi bersama-sama Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, dan Royal Brunei Airlines untuk menjual paket-paket wisata belanja ini,” papar YUSAK ANSHORI mengutip rilis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (24/04).(tok)

Peserta SSF 2010 Tercatat 20 Mal
Surabaya, 18/5 (ANTARA) - Peserta program belanja dengan potongan harga sampai 70 persen, "Surabaya Shopping Festival" (SSF) pada tahun 2010 akan bertambah menjadi 20 pengusaha pusat perbelanjaan (mal), dengan kondisi itu animo wisatawan obyek wisata belanja diprediksikan naik signifikan.

"Kami yakin, animo konsumen membelanjakan uangnya di mal akan meningkat, jika peserta program belanja ini pada tahun depan semakin bertambah," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur, Didi Wulyadi Simson, di Surabaya, Senin.

Rasa optimistis itu, karena didukung oleh banyaknya pilihan mal yang menjadi peserta program belanja itu, sehingga dapat dijadikan obyek wisata belanja oleh para pengunjung, khususnya yang datang dari Surabaya dan sekitarnya.

"Untuk di Surabaya, kami tidak ragu dengan peningkatan kunjungan pecinta belanja di mal. Apalagi, warga di sini memiliki naluri konsumtif yang relatif tinggi," katanya.

Menurut dia, lima mal yang akan bergabung dalam SSF 2010 antara lain Mangga Dua, Empire Palace, Surabaya Plaza, Jembatan Merah Plaza, dan East Point. Di sisi lain, ia sangat menyayangkan mengapa sampai akhir Mei tahun ini kelima mal itu belum bergabung.

"Padahal, program belanja ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya yang kini bersiap menyemarakkan HUT Surabaya ke-716. Kalau mereka bergabung saat ini, mulai detik ini juga pendapatannya bisa berlipat-lipat," katanya.

Secara terpisah, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Stefanus Ridwan, mengakui, dampak krisis ekonomi global terhadap perkembangan sektor ritel memang tidak terlalu kentara saat ini.

"Akan tetapi, jika ditelaah lebih lanjut, dampak krisis ekonomi global tetap ada atau relatif minim sekitar di bawah 10 persen," katanya menambahkan.

Namun, menurut dia, setelah melihat program belanja itu dan solidnya kerja sama 15 mal dalam menyelenggarakannya, APPBI merasakan hal lain yaitu roda perekonomian Jatim bisa segera membaik.

"Setahu saya, sejak awal tahun ini hingga sekarang kondisi perkembangan ritel di Surabaya tidak pernah menunjukkan grafik menurun, justru stabil," katanya menegaskan.

Ia menyebutkan, saat ini yang sudah menjadi bergabung dengan SSF 2009 antara lain Hi-Tech Mall, Pasar Atom Mall, Galaxy Mall, Plaza Marina, Surabaya Town Square, Tunjungan Plaza, Supermall, Pakuwon Indah, Royal Plaza, Darmo Trade Center, City of Tomorrow, Golden City Mall, ITC Mega Grosir, BG Junction dan World Trade Center.

Tidak ada komentar: