28 Juni 2011

beda kurs antar kartu kredit


catatan Sugi.....

disini saya pengen share sama teman-teman, berdasarkan pengalam saya menggunakan kartu kredit untuk pembelian dengan mata uang asing. Pertama saya sama sekali tidak menyadari kalau kurs mata uang asing sangat berpengaruh, saya pikir semua bank akan memberlakukan kurs yang sama atau kalau tidak beda-beda tipis. Tapi ternyata kurs antar bank sangat beda jauh, ini catatan saya untuk kalian....

Pada satu hari saya pernah bertransaksi untuk pembelian tiket airlines dengan mata uang USD yang saya bagi menjadi dua transaksi karena ada batasan limit tiap kartu kredit. pada saat tagihan muncul, betapa kagetnya melihat selisih kurs sampai 200 rupiah per 1 dollar US. Kalau di hitung-hitung selisih tersebut beda 700 ribuan lebih, wah sayang banget. Kemudian saya komplain ke bank "SC" dan mereka merespon kalau beda kurs tersebut dikarenakan "visa" dengan "master". Oke, saya pikir ya udah lah, bisa jadi pengalaman!!

Berikutnya saya juga ada pembelian tiket USS dengan menggunakan promo master card, dan ini pula saya bagi menjadi beberapa kartu kredit. Ternyata walaupun sama-sama keluaran master card dengan bank yang berbeda, kurs tetap selisih 200 rupiah. Ow no.... Ternyata beda kurs yang nentuin si banknya, bukan karena "visa" or "master card".

Pengalaman yang lain adalah pada saat pengambilan cash melalui mesin ATM di luar negri. Sebenarnya setiap kali ke LN, saya selalu prepare cash dari Indo. Cuman pengalaman kemarin terakhir ke Melaka ada kekurangan cash, maka dengan terpaksa saya mengambil melalui mesin ATM disana. Sesampai di Indo saya langsung cetak transaksi tersebut, ternyata kurs yang di pakai cukup fair. Malah murah menurut saya.

Dari pengalaman ini sebaiknya kita lebih pintar menggunakan kartu kredit.

2 komentar:

Olivia mengatakan...

Boleh tau, paling murah kurs dr kartu kredit mana? Tks :)

sugi phang mengatakan...

pengalaman saya menggunakan kartu kredit, paling murah adalah keluaran bank lokal seperti CIMB Niaga dan Bank Mega.