27 Desember 2011

ESCARGOT hunter: The Omnivoro


Waktu itu mustinya kita udah janjian sama Adek untuk nyobain escargot di The Vinette, berhubung kemarinnya saya udah ke sana duluan. Akhirnya, kita pindah, nyobain escargot di The Omnivoro yang berlokasi di Ciputra World.

Resto cafe ini punya disain yang keren abisss, ditambah, mereka punya balcony dengan cabana plus payung-payung pantai. Wow, serasa di pantai euy. Apalagi Reno dan Selena sampe kerasan tiduran di daybed sambil melihat pemandangan kota Surabaya yang mulai redup.

Hari itu kita order: escargot, pizza untuk Reno, Chicken Bento untuk Selena, Beef burger buat Adek dan Calamary buat Heidy.

Saat piring pertama keluar, kita langsung saling berpandangan. Apakah ini?? Sejumput benda berwarna hitam kecoklatan, dua tangkai asparagus menyilang dan disiram olive oil plus dua iris roti prancis. "Apa ini mbak?" "escargot!" Langsung kita bertiga terperangah dan ketawa kecil. kaget. dan sedikit kecewa dengan tampilannya. ilfil ngeliat escargot tidak bercangkang. Untuk rasa, just so so.

Sedangkan pesanan kita lainnya cukup oke, yang saya suka porsi mereka pas dan tidak berlebihan.

10 Desember 2011

apa kata lain dari TERONG?



 all picture taken by Blackberry Onyx 9700

.Beberapa minggu lalu saya sempet ketemuan sama ko Agung owner Travel Hemat dan pak komandan Andy dari Liburan Murah serta sekertaris pribadi, ko Dony :D Undangan melalui FB terpaksa harus saya jawab sejam sebelumnya, karena hari itu saya udah ada janji dengan temen kantor untuk datang di kondangan salah satu customer.

Bertempat di My Kopi O, Ciputra World, saya datang paling akhir. Mereka bertiga sudah duduk di bangku kayu deket pintu masuk. Walau beberapa kali kontak via BBM dengan ko Agung, tapi baru kali ini kita ketemuan. kopi darat ceritanya. Singkat cerita, kita ngobrol ngalor ngidul soal traveling.

Saya langsung order kopi hitam, saya lihat ko Agung pesan Teh tarik dan Andy serta ko Dony memanfaatkan buy one get one free kopi tarik. Karena sudah kenyang di pesta tadi, saya cukup kagum dengan pesanan ko Dony, mie ayam. Eh, ternyata ko Agung udah pesen "snack" sebentuk telur ayam yang sudah dibelah menjadi dua dan ditengahnya diisi racikan mayonaise berwarna kuning telur.

Selang beberapa menit piring kedua keluar, kali ini gorengan berbentuk stik dengan taburan garlic. Awalnya saya pikir french frise, ternyata bukan. Ini "terong" sahut ko Agung, saya jadi keinget tulisan INIJIE di blognya beberapa bulan yang lalu. Oh, ini toh terong goreng itu... Memang enak. Setelah saya cari-cari istilah untuk makanan ini, judulnya Spicy Garlic Brinjal (dapet dari INIJIE) padahal kalo buka kamus yang keluar malah eggplant. Ya udah, tapi yang pasti snack ini recommended banget.



Thanks to Ko Agung yang hari itu udah traktir kita :D 
Have a great time with you guys.....

7 Desember 2011

ESCARGOT hunter: The Vinette




ESCARGOT?? pertama kali mendengar nama itu, asing, setelah browsing di google yang muncul malah gambar sekumpulan binatang bercangkang mirip bekicot hanya saja yang ini lebih putih.

Walhasil beberapa minggu yang lalu di grup BBM Liburan Murah terupload foto Escargot keluaran Resto The Vinette. Utuh dengan cangkangnya plus garlic dan olive oil di beberapa bagian. Menarik. Pengen banget nyoba western food yang satu ini, walau sebenarnya saya sendiri bukan penyuka bekicot dan makanan sejenisnya. Tapi tampilan tadi yang membuat rasa ingin tau.

Pas 11 11 2011 kemaren, saat merayakan (kecil-kecilan) anniversary kita yang ke 10. Kesempatan datang buat mampir ke The Vinette, awalnya bini saya rada enggan ke sana. Yap, memang Heidy orangnya prevent terhadap hal-hal baru. Termasuk dalam hal makanan. Setelah sedikit negosiasi dalam perjalanan, akhirnya dia setuju.

Memasuki ruang resto yang bergaya American classic, dengan beberapa sofa table di kanan kiri, di ujung bar terdapat sofa gede dengan tirai merah maroon sangat eye catching. Sayangnya udah terisi tamu. Finally, kita dapat meja di sisi kiri dengan sofa panjang. Setelah saya perhatikan beberapa meja yang terisi, hampir semuanya memesan Escargot. Looks like this is a recommended menu. Tanpa pikir panjang, saya langsung pesan satu porsi. Plus Salmon steak, Sirloin steak buat Heidy dan Hamburger buat Selena. Mumpung ada promo beli dua main course dapet dua dessert for free.

Ga berapa lama duabelas cangkang dalam nampan tahan panas keluar, disajikan bareng plate kecil plus garpu dan capitan kecil untuk memegang si cangkang tadi. Slurrrpuutt, hmmm... rasanya kenyal dengan aroma bumbu khas western dan minyak yang berlimpah. Enak. Pas.

Dua main course yang lain datang bersamaan, semua masakannya pas. Apalagi Selena dan Reno asik dengan Hamburger mereka. Untuk free dessertnya saya pilih Vanilla ice with crepes and liquor, tampilannya menarik karena dinyalain dengan api. Sedangkan Heidy pilih Chocolate cookies, ga terlalu recommended :D

Selang seminggu kita balik lagi ke sini dengan mengajak papa mama mertua, mereka pun merasa puas dengan masakan yang di sajikan. Saya tetep pesan escargot, sedangkan mama mertua nyobain sop buntutnya. Ternyata masakan Indonesianya juga wenak :D Untuk beverage kali ini saya coba ice tea with lecye, seger.

Untuk harga mereka mematok kisaran 50-150IDR untuk main course dan 20-40IDR untuk dessert. Beverage kisaran 10-35IDR.


The Vinette
House of Bovin & Lynnette

Jl Bukit Darmo Boulevard 6F-G, Surabaya
RSVP:  (031) 7347507

5 Desember 2011

Sunday Morning: Fun Bike and Nasi Bali



Hari minggu kemarin, 4 Desember, saya dan tiga orang teman dari grup Liburan Murah ikutan Fun Bike "Purple Movement" yang diadakan oleh Avrist (perusahaan asuransi). Acara yang dimulai jam enam pagi terpaksa harus molor karena banyaknya even-even lain di kota Surabaya, biasa, sunday is healthy day :D

Jam 5.15 berangkat dari rumah, cukup setengah jam untuk sampai di depan Grapari Telkomsel, meeting point kita. Sambil nunggu makan roti gandum, 15 menit kemudian tiga grombolan si berat datang (eh, yang satu ringan ding, hahaha) Ngak lama akhirnya fun bike start melewati jalan Pangsud menuju Raya Darmo (CFD).

Wah, rute dan evennya kacau, para peserta mulai ambil rute sendiri-sendiri. Walhasil kita berempatpun memisahkan diri, dan, sepeda yang dipakai Louisa rusak. Si Anton ambil inisiatif untuk cari becak, selang beberapa menit sepeda + Louisa sudah ada diatas becak untuk kembali ke tokonya Anton di jalan Kranggan.

Setelah sepeda di perbaiki, kita  malah ngacir nyari tempat sarapan. Lah, kemarin di grup BBM lagi rame ngomongin nasi bali di jalan Makam Peneleh. Monica kehabisan padahal masih jam 12 siang.  Jadi penasaran kayak apa sih nasi bali yang super duper "in". Kemaren malemnya saya sempet browsing-browsing beberapa tulisan di blog tentang nasi bali ini, dan, dapat alamatnya di Jl. Makam Peneleh No. 30 serta reviewnya yang TOP. Tambah penasaran.

Posisinya persis di seberang makam Peneleh, wait, nurut feng shui yang aku baca sih ga bagus. Tapi knapa malah bisa rame gini ya?? masa bodo ah!! Hahahaha.

Nyampe di TKP kondisinya memang rame polllll, ada segerombolan tante-tante yang pake seragam kaos olah raga. Dan, banyak juga yang bungkus, weleh baru tau nih ada nasi bali disini dan rame pula.
Tidak pake lama pesanan kita keluar, sepiring nasi campur dengan aneka lauk dari babi plus semangkuk kuah kaldu dengan sepotong "tulangan" babi. Lauknya cukup banyak macem, sate daging, lapciong (sosis),  rambak, samcan, kacang panjang, sambel ijo, sambel bawang, ayam suwir. Weleh-weleh, ngileeeeeer.... Dan, semuanya cuman 19 ribu per porsi.

Glek, kenyang!!!

Berikutnya kita gowes lagi balik ke venue, buat nukerin door prize. Eh, ternyata pengundian udah berjalan dan kita telat masukin kupon; Hahahahahah.... dari pada kecewa dua kali, ya udah ngacir deh ke McCafe Basrah, cari temapt adem buat kongkow sambil nyeruput ice coffee...







1 Desember 2011

What a friends are for....

Tidak terasa sudah memasuki bulan DESEMBER, bulan terakhir di tahun 2011 ini. Bulan spesial buat saya karena di bulan ini mama tercinta merayakan ulang tahunnya, tepat hari ini, hari pertama di bulan Desember. Happy birthday Mom, wishing you a health and wealth biar kita bisa jalan-jalan teruuuuus :D mottonya tetep "Jalan-jalan"

Di penghujung bulan Desember ini juga saya dan teman-teman Nasrani di seluruh dunia merayakan NATAL, kelahiran Sang Juru Selamat.

Flashback sepanjang tahun 2011 ini, banyak momen-momen spesial yang sudah saya dan keluarga lalui. Bagi saya pribadi di tahun ini bertemu satu komunitas baru yang sejalan dengan hobby jalan-jalan. Liburan Murah. Dalam komunitas yang di bentuk oleh Andy Kristono, owner sekaligus writer dari blog liburanmurah.info dimana belakangan ini juga rame sharing soal jalan-jalan di grup facebook.




 Sampai puncaknya kita "kopi darat" dadakan di rumah pak Komandan, acara yang digagas cuman sehari ini cukup mengumpulkan lebih dari tigapuluh orang anggota termasuk keluarga. Juga, merayakan ulang tahun Pak Adi (suami mbak Yuli) dan acara potong tumpeng pun sukses dengan ciuman mesrah yang mendarat di pipi orang paling bahagia malam itu. Di akhir acara ada NoBar, nonton bareng foto-foto kita di Sempu, Pekalen, Madakaripura, Kalibaru, dan Papuma.






Apalagi sejak bertemu dengan mbak Yulijantik yang punya ide jalan-jalan murah sekaligus sebagai penggagas dan sebagai pengurus segala macam detailnya. Jalan-jalan pertama yang saya ikuti cukup berkesan, Sempu dan Bajulmati menjadi kenangan yang tak terlupakan. Kedua, bersama grup  BB (blackberry) LiburanMurah kita rafting bareng di Pekalen plus "nyambangi" air terjun Madakaripura. Kali ini Any yang menjadi komando kita.






Even ketiga (tapi saya tidak ikut) adalah jalan-jalan naik lori dari Kalibaru menuju Garahan, wow!! Kalibaru, desaku yang kucinta tanah tempat lahir beta...... hahahahah. Dan sepertinya acara ini sukses dengan mampir juga ke pantai Papuma.

Di akhir tahun mbak Yuli dan rombongan sudah plan "old and new" ke Klayar, semoga acaranya sukses ya mbak.....

Selain jalan-jalan dengan komunitas Liburan Murah, di tahun 2011 ini saya juga jalan-jalan dengan keluarga. Awal tahun kita sempat ke Genting dan Kuala Lumpur. Jalan-jalan selama enam hari, exploring Kuala Lumpur dan sekitarnya. Ceritanya di terbagi menjadi lima: exploring KLCC, exploring KL 1, exploring KL 2, First World Genting dan Radius KL

Di bulan Maret dan April jalan-jalan ke Malang Selatan, air terjun Cuban pelangi dan anak Gunung Kelud, ya sampe dua kali kita ke Kelud karena yang pertama agak kecewa melihat pemandangan yang diselimuti kabut tebal. Nah, ngomong-ngomong soal Kelud, Febuari 2012 komunitas Liburan Murah punya acara kemping di puncak Kelud. Bagi yang mau join masih terbuka pendaftarannya disini.



Pertengahan tahun 2011 sekaligus liburan sekolah, saya, istri dan anak-anak jalan-jalan ke Melaka selama empat hari. Jalan-jalan sambil melihat bangunan sejarah sekaligus wisata kuliner.



Memasuki Agustus, menikmati nyamanya menginap dua malam di Hard Rock Hotel Bali. Selama tiga hari kita hanya berdiam di dalam hotel, berdiam?? bukan, karena banyaknya fasilitas dan aktivitas yang bisa kita lakukan disana. Dan diakhir bulan bertepatan dengan liburan Hari Raya, cruising ke tiga negara, Singapore, Phuket-Thailand, Langkawi-Malaysia. Sungguh pengalaman yang luar biasa.



October, jadi momen sepesial buat Selena, bisa merayakan ulang tahun di Bromo.  Dan, spesial juga buat saya, bisa merayakan ulang tahun bareng "hoopeenks" sambil BBQ-an.



 




World AIDS DAY 2011

 what a friends are for, dalam tulisan saya kali ini, benar-benar merasakan bahwa teman adalah seseorang yang bisa berbagi dalam KESAMAAN.