14 Mei 2009

dampak flu babi terhadap industri pariwisata

Setahun belakangan saya menjadi member dari milis Travelhemat.com dimana bisa mendapat berbagai informasi dan tips mengenai traveling yang tidak mengeluarkan biaya yang besar tentunya.

Hari ini saya mendapat balasan mengenai dampak flu babi terhadap industri pariwisata, dan tentunya mereka memberikan tips-nya. Mari kita lihat:

Dear Sugi,

Hari ini saya akan sedikit membahas tentang dampak yang disebabkan oleh Swine Flu (Flu Babi) terhadap industri pariwisata pada umumnya.

Maraknya fenomena swine flu membuat dunia travel menjadi terganggu. Banyak orang membatalkan rencana perjalanannya ke luar negeri lantaran takut tertular oleh virus yang konon mematikan itu, dan hingga kini belum ditemukan obat ataupun pencegahannya.

Bahkan, salah satu berita terakhir, sebuah hotel di Hong Kong, yakni Metro Park Hotel yang terletak di daerah Wancai (yang sering saya rekomendasikan ke temen2 traveler lantaran letaknya yang strategis dan harganya yang relatif murah), dikarantina penuh oleh pihak pemerintah setempat karena salah satu tamunya yang asal Mexico kedapatan terkena virus tersebut. Tamu dan staff hotel dilarang keluar ataupun masuk ke hotel selama berhari-hari demi mencegah meluasnya penularan virus mematikan ini.

Bisa dibayangkan, berapa banyak kerugian yang diderita, baik oleh pihak hotel maupun pihak tamu. Hotel tidak lagi bisa mengakomodasi tamu-tamu baru yang hendak check-in, sementara tamu-tamu lain yang hendak melanjutkan perjalanan ke tempat lain, juga terpaksa membatalkan agenda perjalanannya.

Jelas hal ini sangat mengganggu industri travel pada umumnya. Apalagi wabah ini konon sudah ditemukan kasusnya di lebih dari 20 negara di dunia (dan kayaknya akan terus bertambah).

Industri travel segera menyikapi hal ini. Jika Sugi jeli memanfaatkan situasi, di tengah kondisi seperti ini, biasanya dunia pariwisata langsung ’menggeber’ diskon besar-besaran. Pihak maskapai penerbangan pada melakukan pemotongan tarif tiket dan pihak manajemen industri perhotelan, di lain pihak juga memberikan promo gila-gilaan.

Merebaknya virus Swine Flu di tengah situasi ekonomi yang tengah hancur lebur lantaran krisis ekonomi global yang mengalami keterpurukan sejak beberapa bulan terakhir ini, membuat kondisi jadi semakin parah saja.

Kalau kebetulan Sugi tengah mengadakan rencana perjalanan beberapa bulan ke depan dan tidak berniat membatalkan rencana perjalanan tersebut, kenapa tidak memanfaatkan ’situasi’ ini untuk mendapatkan harga kamar hotel yang lebih murah? Sugi bisa mengunjungi situs www.RentVillaBali.com, di mana terdapat search box (kotak pencarian) dan pemesanan hotel murah meriah secara online yang ada di seluruh dunia.

Sekian dari saya kali ini. Disambung lain waktu ya...

O, ya Sugi jangan lupa, saat ini TravelHemat.com tengah mengadakan promo heboh yang berhadiah ’JALAN-JALAN GRATIS KE MACAU’ untuk 5 pemenang. Silakan lihat persyaratannya di www.TravelHemat.com (klik pada banner promo yang paling atas).

Agung Basuki

Tidak ada komentar: