Laman

10 Oktober 2011

SEMPU ISLAND: my dream come true

Kesempatan untuk mengunjungi pulau Sempu tidak saya sia-siakan ketika om Andy Kristono dari Liburan Murah ngajakin kesana awal September lalu. Mikirnya gini, "kapan lagi aku bisa sampai ke Sempu kalau tidak sekarang!!" Padahal sempet khawatir juga berbarengan dengan acara kantor FUN SPORT DAY 2011, ternyata dari kontingen Surabaya tidak di "kirim" ke Jakarta. Yey, seneng juga bisa ikutan acara ke Sempu.

Sempu island here we comeeeeee......

04.10
dari semalem saya sengaja tidur agak pagian, tapi ternyata gak bisa. Untung saja pagi itu bisa melek jam 4 lebih dikit, dan langsung ambil BB buat checking berita dari grup Liburan Murah. Dari jam 2 pagi, Any udah teriak-teriak bangunin peserta yang lain... hehehe udah rame di grup.

05.00 Stasiun KA Waru
Tet, sesuai perjanjian sebelumnya. Saya dan enam orang peserta lainnya dijemput  di Stasiun KA Waru. dan perjalanan menuju Sendang Biru dimulai. Saya kebagian seat di Bus 1 sedang yang lain di Bus 2, karena peserta terakhir di bus 1 jadinya dapat tempat duduk paling belakang. Pertama-tama acara dibuka dengan kata "sambutan" dari pak Komandan Liburan Murah dan di lanjutkan dengan perkenalan masing-masing peserta. Perjalan sekitar 4 jam kita lalui dengan mulus, sempet juga makan sego Krawu buatan mbak Yuli (yang juga penggagas acara ini) wah manteb banget empal dan sambelnya. Thanks mbak!!! Di tambah lagi rujak manis yang belom sempet aku cicipin, duh kopi Vietnam buatan Any juga ketinggalan :(

08.55 SENDANG BIRU
Sampai juga akhirnya di Sendang Biru, perjalanan gak terasa abisnya ngobrol ngalor ngidul dengan Pak Pri suami mbak Yuli. Sebelum nyebrang ke pulau Sempu kita ambil foto "keluarga" dulu, dan mulailah kita naik ke perahu satu per satu. Total kita pakai enam perahu dengan enam puluh orang peserta.

Ngak sampe sepuluh menit perahu yang kita tumpangi udah mendarat di pinggiran pantai Pulau Sempu tapi memang tidak bisa merapat, jadinya kudu masuk air juga. Kalau dari Sendang Biru, pulai ini memang keliatan deket sekali. Acara tracking pun dimulai dan kita masuk hutan yang dipandu dua orang guide, hutannya cukup alami dan penuh akar-akar yang harus kita lewati.

Tracking selama satu jam lebih sepuluh menit akhirnya kita lalui dengan mulus walau sandal jepit sempet jadi "korban" hehehe dan ada beberapa orang peserta yang kesasar. Sesampai dipesisir segara Anakan yang menjadi ikon pulau Sempu, pemandangan benar-benar menabjubkan. Air jernih berwarna kehijauan dengan ikan-ikan kecil berwarna putih, inilah "Phi Phi island"nya Jawa Timur :)

Sambil melepas lelah dipinggiran pantai sekitar 10 menit, mulailah kita naik ke atas karang menikmati pemandangan laut lepas. Ombahnya besar menerjang batu karang di bawah kaki kita. Ah, Indonesia memang punya segudang pemandangan cantik terutama sepanjang pesisir pantai selatan.

Saat menikmati pemandangan dari atas batu karang pak Pri sibuk memanggil kita buat makan siang. Dengan menu ikan bakar dan sambel yang sudah disediakan pemadu. Mantaaaaaaab beneeeer, nikmat sekali makan nasi anget plus ikan bakar dan sambel dilengkapi sayur kangkung di pinggiran pantai. Jarang-jarang deh kayak gini, kata pak David ini adalah "ENAK MAKAN" bukan makan enak. Setuju-setuju!!. Wooeeeeh, asoooy...

Ngak pake lama setelah makan siang, saya dan empat teman lainnya menyebrangi segara anakan yang sudah mulai surut menuju batu karang di sisi barat. batu karang ini menyerupai goa, dari lubang inilah air laut masuk menuju segara anakan. Batu-batu karang itu lancip-lancip menyerupai tombak, walhasil kita urungkan niat buat menyebranginya. Riskan memang.

Perjalanan pulangpun kita lalu dengan santai, dan tidak kurang dari satu setengah jam akhirnya sampai juga. Kapal yang menunggu kita sekarang berada agak jauh dari bibir pantai karena air mulai surut. Kalap mata, sesampai di Sendang Biru kita nikmati degan ijo. Waaaah segarnya buat melepas lelah.

16.00
Mbak Yuli udah mulai ngoyak-ngoyak peserta supaya cepet naik ke bus, karena perjalanan kita lanjutkan ke pantai Bajul Mati. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya butuh sekitar 15 menit dari Sendang Biru. Di perjalanan kita menikmati makan sore, sate ikan. Nasi panas plus tiga tusuk sate ikan rasanya kuraaaaaang banyak buat kita yang kelelahan :D

Thanks god, pas nyampe di Bajul Mati momentnya sunset! Tidak lama matahari udah tenggelam......

22.00
Sepanjang perjalanan pulang menuju Surabaya hampir semua peserta terlelap tidur, dan akhirnya sampai di rumah dengan selamat.

Thanks to:

mbak Yulijantik (penggagas acara)
om Andy Kristono (komandan Liburan Murah)
pak Pri (seksi repot)
om Christian Ticulao (atas fotonya yang bagus banget di Bajul mati)
Any Lionita (blog writer)
Elly (kaos seragam)
Pak David (diskon 50% reflexy di GIE)
om Nicky dan ko Dony (sharing ide dan pengalaman)