Laman

29 Juli 2010

A week in Singapore

Previcious --> End Year 2009 trip

Day 2: Johor Bahru - Singapore
hari ini perjalanan kita lanjutkan menyebrangi Singapore, sebelum keberangkatan saya sempetkan jalan-jalan di sekitar hotel. Disana terdapat beberapa hotel dan pemukiman penduduk. Kota JB memang tidak terlalu cantik, tetapi bisa dinikmati. Di seberang hotel adalah terminal truck menuju Singapore, jadi suara cukup bising bila mereka membunyikan klakson.

Karena rombongan dengan anak-anak (4 orang), akhirnya kita pilih Taxi menuju Singapore. Ongkos taxi cukup murah hanya MYR 60 (180 rb), bisa di isi 4-5 orang. kita tinggal menyiapkan passport dan mengisi form, di serahkan pada sopir taxi. Dan di custom, sopir taxi yang menyerahkan dan diperiksa sebentar oleh petugas dan perjalanan bisa di lanjutkan tanpa harus membongkar barang bawaan kita.

Taxi berhenti di daerah Bugis, jadi untuk menuju ke hotel kita harus pindah ke Taxi lokal.

10.39
taxi kita sudah berhenti di depan Hotel Peninsula Excelsior. Menyusuri lift sampai di Lt. 6 tempat lobby hotel, dengan maksud untuk menitipkan lugage kita di hotel ternyata pihak hotel memberikan kamar kita saat itu juga...... Lumayan, setelah membongkar bawaaan menuju kamar kita bergegas untuk mulai keliling. Tujuan pertama adalah SNM, Singapore National Museum yg letaknya mmg ga jauh2 dr hotel, persis di seberang fort canning park.

Selanjutnya adalah Flyer, sebelumnya kita lunch dulu di kantin USN (University of Singapore) yg berada di seberang SNM. makanan cukup murah, rata2 $2-4. kita pilih menggunakan Bus menuju Flyer, naik dari Bras Basah melewati Suntec dan turun di Marina Square.

Hampir sejam lebih menikmati pemandangan kota Singapore dari atas Flyer, kita lanjutkan menyusuri marina square menuju Esplanade. Dan terakhir adalah Merlion, kita pulang dg jalan kaki melewati Raffles dan St. Andrew church.

Makan malam cukup murah meriah, berada di bawah Peninsula Plasa... modelnya seperti Kopitiam dengan variasi menu noodle.

Day 3: Sentosa Island and Vivo City
Pagi ini kita bersiap menuju Sentosa Island, menggunakan Bus dari halte di Hill st. menuju Vivo City. Dari Vivo City perjalanan di lanjutkan dengan monorail yang letaknya di Lt. 3, ada 3 station pemberhentian di Sentosa Island... kita pilih turun di Imbiah, station paling ujung. Dari sini kita bisa menggunakan free On On Bus yang mengitari sebagian pulau Sentosa.

Rencana untuk balik ke pulau besar dengan menggunakan cable car terpaksa harus batal, karena cable car lagi dalam perbaikan. Tetapi kita sempet main-main dari atas pulau, ada bbrp permainan yg oke sekali. Mulai dari Tiger Sky Tower, Race car, 4D Movie, Taman Kupu-kupu sampai Museum.

Hari ini kita tutup dengan menghabiskan permainan di Vivo City, ada tempat main terbuka buat anak2 sangat seru sekali....

Day 4: Akhir Tahun 2009
Karena hari ini adalah penghujung tahun, sengaja saya tidak mengajak anak2 ke tempat2 wisata. Selain karena (yang pastinya) rame, tentunya untuk menghemat tenaga buat akhir tahunan.....

Hari ini saya sempatkan untuk pergi ke IKEA.... yup, toko perlengkapan rumah tangga serba ada.... Letaknya di daerah Alexandra Rd. berseberangan dengan deretan apartement disana.

Sorenya, kita sempet balik ke hotel karena barang belanjaan yg banyaaak.... dan siap2 untuk malam tahun baru. Beberapa teman yg tinggal di Singapore udah kasih tau sebelumnya, jangan sampai ke Orchard... pastinya PENUH sekali.

Akhirnya, kita pilih ke Clark Quay setelah makan malam di Baikut Teh (di New Bridge Rd.) salah satu tempat paling famouse.

Count down 2010 saya nikmati di Singapore Recreation Club yg ada di seberang St. Andrew Church. Dari sini bisa di lihat fire work yang dinyalakan dari Marina Bay.

HAPPY NEW YEAR 2010

Day 5: Singapore Science
Hari ini kita menggunakan MRT east-west dari City Hall St. dan turun di Joo Koon St. (stasiun paling ujung) di daerah Jurong Industrial. Dari sini kita menuju Singapore Army Museum, bisa melihat berbagai pengetahuan mengenai Singapore. Disini kita juga menonton pertunjukan 3D, ceritanya adalah kehidupan ikan sarden di Afrika Selatan.

Oya, di dalam museum terdapat berbagai tehnologi yang di tampilkan. mulai dari penemu2 ilmu pengetahuan sampai robot yang bisa bicara, sayangnya ngak boleh di handycam.

Perjalanan ke dua adalah Singapore Science dan Snow City, kita hanya punya waktu 2 jam sampai jam 5 sore. Karena tujuan awalnya adalah main di Snow City maka kita langsung menuju ke sana. Snow City terletak satu komplek dengan Singapore Science dan memilliki bangunan yang terpisah.

Hujan yg menguyur sejak sore membuat kita tidak bisa melanjutkan ke Singapore Science, akhirnya kita balik ke Hotel.

Acara malam harinya, jalan-jalan ke China Town.....
China town menjual berbagai pernak-pernik sovenir dengan harga yg jauh lebih murah. Mulai dari T-shirt (3 for $10) dan gantungan kunci atau magnet kulkas (7 for $10).

Day 6: Orchard.....shoping time
Ngak afdol rasanya kalau ke Singapore ngak mampir ke Orchard road.... ya, karena di sini memang surganya wanita yg hobby shoping.

Pagi ini saya melihat beberapa anak kecil menaiki firecar di satsiun pemadam kebakaran, kebetulan sekali terlihat dengan jelas dari jendela kamar hotel. Tanpa pikir lama kami pun bergegas ke sana, menyebrangi Hill St. kita sampai di Fire Station yang merangkap dengan museum. Ini adalah fire station pertama di Singapore dengan bangunan bata expose berwarna merah sangat cantik sekali.

Pertama kita harus mengisi buku tamu, sambil menunggu giliran untuk naik ke fire car kita sempet coba2 helm dan jaket fireman....

Memasuki area Museum 2 lantai yg terletak di sisi kiri bangunan, kita mendapatkan berbagai macam atribut. Mulai dari mobil pemadam kebakaran sampai simulator semprotan airnya... Disini di tunjukan beberapa kejadian kebakaran dan orang2 yang pernah menjadi petugas pemadam kebakaran. Ada dua nama orang dari Jawa yang membuat saya surprise!!

Untuk memasuki museum tanpa di pungut biaya sama sekali, bahkan kita bisa mendapat pengetahuan gratis. Topi pemadam dari plastik buat anak2 juga dibagikan gratis, pulangnya kita di bagi buku cerita dan buku mewarnai juga... Bila berminat dg atribut pemadam kebakaran spt T-shirt juga bisa beli di sana.

Orcard Road.....

Surga belanja sudah di depan mata, menyusuri sisi selatan mulai dari Kiliney Rd sampai Grange road. Ngee An City samapi ION Mall, disini sempet beli es potong cuman $1.... dan menikmati pertunjukan musik dari mahasiswa SNU... feeding a bird yang banyak berkeliaran di sepanjang trotoar...

Hiasan di trotoar dan jalanan sangat cantik dengan tema Christmast....

Oya jangan lewatkan untuk naik ke atas roff di OC... ada berbagai macam cafe dan restaurant, selain itu ada taman cantik di atas roff. dari sini bisa dilihat sudut2 kota Singapore.... tunggu sampai matahari terbenam, pemandangan sungguh cantik.

Makan malam kita mampir ke Kopitiam di Bras Basah.... saya coba menu mexico, yg masak asli dari sono....

Day 7: Last day in Singapore
Hari terakhir saya sengaja bangun pagi sekali, kali ini saya pergi sendiri karena yg lain masih pada tidur...

menggunakan MRT dari City Hall menuju Little India... toko2 masih pada tutup dan sebagian sudah mulai buka. Sempet beli roti nan di salah satu kedai, murah banget cuman 5 sen....

Dari little india menuju Bugis Village... menyusuri jalan, ah semua sudut kota bisa di lihat dan nampak bagus semua.....

Setelah kembali dari hotel, kita lanjut menuju Boat Quay untuk mencoba boat tour menuju merlion dan kembali lagi sampai di Clark Quay.

Waktunya meninggalkan SIngapore, setelah check out dari hotel kita kembali ke JB dengan menggunakan mini bus. mini bus saya booking melalui petugas hotel, seharga S$150 (sejutaan) untuk ber-10. Dijemput dari hotel dan diantar sampai hotel di JB, ada hal yg perlu saya sampaikan bila menggunakan bus atau mini bus kita harus bongkar muatan kita di custom. Hal ini cukup merepotkan bila barang bawaan cukup banyak, dan satu hal lagi jangan bawa tas belanjaan karena akan di periksa di custom JB dan kemungkinan akan dimintai uang oleh petugas. just be carefull guys....