27 Juli 2010

Thailand Trip: AYUTTHAYA




kemarin sebelum berangkat ke Ayuttaya saya sempet nanya sama petugas hotel, sebenarnya ada one day tour ke Ayuttaya dengan harga THB 1000 termasuk lunch, transportasi, guide dan tiket masuk.

Tapi saya mencoba menggunakan kereta api, pertama menuju Hua Lam Phong Railway Station dengan menggunakan MRT dari Si Lom station persis turun di Hua lam Pong (THB 18). Awalnya mau naik kereta yang jam 7 tapi ga keburu, akhirnya naik kereta jam 8. Saat beli tiket KA di loket, si bapak ngasi tiket dg harga THB 240... so, saya mau ngirit pak!! hahahaah, akhirnya beli tiket yang cuman THB 20 (standing class) hahahah.....

Persis jam 8 tet, lagu kebangsaan berkumandang! semua berdiri menghadap foto raja memberi hormat. dan 8.20 perjalanan di mulai.....

Ayuttaya railway station, 9.37
turun dari KA terus terang saya kebingungan, disana hanya ada papan peta kota sedangan free maps ngak tersedia seperti di Phuket atau Bangkok. Saran saya: bawa peta dulu dari rumah, dapat diunduh di googlemaps.

Start jam 10 pagi saya menyusuri kota Ayuttaya dengan sepeda motor sewaan (THB 200 a day) dan ibu penyewa sepeda motor ngasi fotokopian peta yg ngak jelas banget, dia cuman melingkari tempat2 yg harus di kunjungi dan beberapa petunjuk arah yg simple.
Wat I, ke II, ke III, Ke IV....... sampai ga kehitung lagi berapa wat yg saya singgahi.

Tetapi terdapat tiga wat yg paling besar dan paling terkenal yaitu Wat Mahathat, Wat Ratchaburana dan Wat Yai Chai Mongkon. Wat terakhir adalah yang paling terawat karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota....

Wat Mahathat
Dibangun kisaran tahun 1388 sampai 1628
Letaknya persis di tengah kota Ayutthaya, memiliki the famous statue yaitu kepala Budha yang sudah di lilit akar-akar pohon beringin. Menurut buku sejarah yang saya beli di loket sebesar THB 20, mereka menyembunyikan beberapa relic saat penyerangan tentara Burma terhadap Ayutthaya.

Wat Phra Ram
berada di balik Wat Mahathat, menjadi satu lokasi. Dengan hamparan hijaunya taman dan jernihnya kolam yang mengelilingi, nampak cantik.

Wat Mongkonbophit
Berupa kuil Budha yang didalamnya terdapat patung Budha bersila, konon merupakan patung Budha terbesar yang terbuat dari perunggu. Kuil ini sempat hancur dan hanya tersisa Patung Budha, tetapi saat ini sudah mengalami renovasi yang selesai pada tahun 1957.
Masih banyak penganut agama Budha yang bersembahyang di kuil ini.


wisata kuliner di Ayuttaya:
Thai Style seafood noodle (the best in town),
8/3-4 Phamapro Rd., Horattachai - Phranakomsriayuthaya 1300.
Tel. 0-3525-1461.
opening hour: 08.30-16.00

Bang Late (pancake pisang),
berupa foodstal di komplek Phra Mongkhon Bophit.

Hong Mo (ikan tongkol dengan santan),
Pedagang kaki lima di seberang stasiun Kereta api.


Banyak tempat yang bisa di explore di Ayuttaya, tapi saya musti balik ke Bangkok dengan KA jam 3 dan satu hari ini saya mengeluarkan uang tidak lebih dari THB 500, setengah harga bila kita harus mengunakan jasa tour.

Jam 5 sore, sudah tiba di Hua Lam Pong railway station kemudian lanjut dengan MRT sampai ujung Sukumvit road dari sini bisa kelihatan begitu banyak night market di Bangkok!!

koleksi foto-foto Ayutthaya di sini: photobysugi

6 komentar:

Bayu mengatakan...

Pak Sugi.. saya baca blog bapak tentang ayuthaya..

Nah dr hua lamphng k ayuthaya itu keretanya tiap jam ada ya..?? beda yg standing calss sama yg THB 240 itu gmn..?? kl yg standing class maksudnya berdiri ya dr hua lamphong k ayuthaya nya..?? air con ndak keretanya?

Trus dr stasiun d ayuthaya nyewa motor d deket2 situ juga ato dmn..?? perlu nawar ndak buat dpt harga THB 200 a day?

pertanyaan terakhir.. worthed ga wisata d ayuthaya..?? hhe

makasih :)

sugi phang mengatakan...

halo Bayu,

eh panggil nama aja biar lbh friendly...hehehehe (ga mau keliatan tua)

oke saya coba batu jawab ya!!

1. Dari Hua Lam Phong ke Ayutthaya ada kereta tiap jam, kl ga salah jam pertama jam 7 pagi.

2. Standing Class gak pake AC, berdiri kecuali ada bangku kosong boleh lah diduduki!! Kalo yg 1st class pake AC!! harganya jauh banget ya....

3. Keluar dari Stasiun Ayutthaya, nyeberang udah keliatan itu penyewa sepeda motornya. Harga THB 200 kayaknya sdh standard. murah kan cuman 60 ribu.

4. Kamu suka liat bagunan bersejarah ngak??? kalo suka worthed banget!!! Saya pribadi enjoy banget pergi kesana!!

Note: kalo ke Ayutthaya musti sedia peta dari sini ya, karena mereka gak punya free maps. Tapi ibu penyewa motor kasih fotokopian peta yg ga jelas dan dia nunjuki tempat2 yg kudu di singgahi.

Satu lagi, bawa gembok sendiri yg rada gede. Buat safety aja!!!

Btw, bisa komen langsung di blog!! nanti saya jawab!!

Bayu mengatakan...

oh ya ya ya.. clearly juga abis liat foto2nya Sugi (hhe gpp nih panggil nama aja?)

motornya matic y.. boleh juga kl THB 200 (padahal kl d denpasar cuma 30rb sehari.. hhe) tapi itu udah include bensin bloom y..?? bingung juga nyari pom & jenis bensinnya kl blm termasuk..

hmm gembok sepeda motor ato gembok koper nih? :D

Nah Sugi punya info soal taksi yang aman ndak d bkk..?? soalnya denger2 taksi d sana ada yg pake dan ada yg ndak pake argo.. kl pake argo tetep aja d ajak muter2 biar totalnya mahal.. kl ndak pake argo jelas2 lebih mahal.. hhe

lalu bwt yg golden mount.. baiknya kesana pagi ato sore hari? capek banget ngga jalan k atasnya..?? trus kl mw kesana dr victory monument naik apa y..??

duh jadi malu nih banyak nanya sama Suhu Sugi hhe :D

bunch of thanks.. i appreciate it

sugi phang mengatakan...

ehheheheheh, gpp.... sy malah seneng banget kalo ada yg nanya2... biar bisa sharing sekalian!!

oke, motornya matic dan harga segitru blom termasuk bensin. but, gampang kog nyari pom bensinnya. Dan lagi saya muter2 seharian cmn habis 10 ribuan, kl lu mau ngak ngisi benernya gak ketauan juga sih.

Gembok buat sepeda motor, mereka sih udah kasih cmn buat jaga2 aja.

Taxi!! hmm, sy cmn sekali pake taxi di Bangkok. itu pun karena nanya kanan kiri ga ada yg tau caranya pake mass transport. Saya naik taxi dr Southern terminal ke hotel pake taxi yg meter (ada tulisan di kap mobilknya TAXI METERS). Beruntung dapet sopirnya jg baik. sy cmn habis THB 120, pdhl sebelumnya ditawari taxi non argo THB 300.

Golden Mount, hmm.... asal jgn malem kayaknya!! heheheheh.... mau pagi ato siang terserah, disana sejuk banget!! kl dr victory monument tinggal jalan kaki, kira2 10-15 menit. Sebelumnya lewat Cityhall dan Giant Swing.

Anonim mengatakan...

I would like to exchange links with your site travelwithsugi.blogspot.com
Is this possible?

sugi phang mengatakan...

Sure!! But, I need to know your link??