Laman

28 Juli 2010

Lucky Factor: membeli tiket pesawat


ada sedikit cerita yang ingin saya share tentang membeli tiket pesawat.....


Kemarin saya mendapat BB messenger dari seorang kawan, yang isinya kira-kira ingin protes kepada travel agent yang saya kenalin. Singkat cerita bulan lalu dia sudah membeli tiket Lionair dengan rute Denpasar-Surabaya dengan harga 300 ribu lebih mahal per tiket. Sedangkan ayah mertuanya baru beli kemarin dengan penerbangan yang sama dengan travel agent yang berbeda, lebih murah!!


Dia merasa di tipu oleh travel agent karena spare harga yang begitu banyak, padahal dia sudah beli untuk ber-5 yang artinya beda 1,5 juta. Karena dia sudah jauh-jauh hari beli tiket, kok jatuhnya malah lebih mahal!!!



Kemudian saya berusaha memberi penjelasa kepada dia, bahwa tiket pesawat memang memiliki aturan sendiri. Untuk pesawat dengan jalur LCC, low cost carrier memang mematok harga terendah jauh hari sebelum keberangkatan.


Saya ambil contoh minggu kemarin saat membeli tiket pesawat ke Jakarta. Saya sempet cek di travel agent langganan, mereka memberi harga 650 ribu untuk sekali jalan dari Surabaya ke jakarta dengan Sriwijaya Airlines. Kemudian saya cek di kantor perwakilan Sriwijaya Air ternyata diberi harga 600 ribu, okelah langsung saya booking.


Sampai time limit yang diberikan pada hari jumat, ternyata saya berhalangan karena harus keluar kota. Akhirnya pada hari Senin, saya mencoba menghubungi Sriwijaya Air kembali. Dan mereka meng-reactive code booking saya dengan harga 500 ribu. Yah, 100 ribu lebih murah dari minggu lalu.


Saya berasumsi bahwa airlines menetapkan harga dengan kelas yang lebih mahal dulu di jual, sampai H-1 baru menjual kelas yang lebih murah. Dan akan menjual harga yang lebih mahal lagi untuk on the spot. Tentunya hal ini juga di pengaruhi oleh faktor lainnya, seperti:


  • Weekend,

  • Hi season,

  • Jam penerbangan.

Hal lain juga pernah saya alami dengan Air Asia, saat mencari tiket untuk liburan lebaran besok. Saya mencatat rute, jam dan harga yang mereka tawarkan. Ternyata dari situ memang ada perubahan harga saat saya cek lagi seminggu setelahnya. Perubahan harga disini bukan hanya kenaikan tapi juga ada harga yang TURUN !!


PENTING:



  • Carilah tanggal dan jam penerbangan yang pasti,

  • Rute tujuan, bila Anda harus pindah pesawat carilah rute yang lebih nyaman.

  • Budget, sesuaikan dengan kantong tentunya.

  • Business or Pleasure trip, bila perjalanan bisnis sebaiknya menggunakan airlines dengan nama "No Delay"

Tidak ada komentar: