31 Oktober 2011

Hiden MADAKARIPURA waterfalls




Belum sempat posting perjalanan ke MADAKARIPURA awal bulan lalu, kemarin saya dan teman-teman dari LiburanMurah mampir untuk keduakalinya. Wew... Sebenarnya perjalanan kemarin juga atas iming-iming foto kepergian saya yang pertama di grup LiburanMurah, hingga planning buat ke sana setelah rafting di Pekalen pun tercatat.

Madakaripura terletak di Probolinggo, lokasi tepatnya berada di jalan menuju ke Bromo. Mudah saja untuk kesana, bila dari arah Surabaya sebelum memasuki kota Probolinggo kita akan ketemu Polsek Tongas di sebelah kanan jalan. Sebelum Polsek tersebut ada belokan ke kanan yang arahnya sama menuju ke Bromo. Jarak dari jalan raya sekitar 12 KM untuk sampai di parkiran Madakaripura. Petunjuk arahnya juga jelas!

Kemarin kita sampai disana sekitar jam empat sore, sudah agak kemalaman sebenarnya. Tapi karena sudah niat banget ya sudah, jalan tetap sesuai rencana. Biaya masuk cukup murah saja hanya dua ribu lima ratus rupiah. Dan, disana bakalan ada guide buat nemenin kita menyusuri sampai di air terjun. Biaya guide per orang sekitar 25 - 30 ribu. Jarak menuju air terjun sekitar 800 meter, dan harus ditempuh dengan menyebrangi sungai dan naik turun lereng.

Dulunya pemerintah daerah sudah membuat jalan setapak dari semen di sepanjang tepi sungai. Sayangnya karena banjir bandang beberapa tahun lalu, jalanan tersebut jadi terputus-putus. 

30 menit kita sudah sampai di air terjun, total terdapat 15 (katanya si Guide) air terjun disini. Tapi memang banyak sekali mata air yang keluar dari lereng-lereng gunung. Yang paling asik adalah kita akan melewati di bawah runtuhan air terjun. Bila tidak mau basah-basah disana juga ada persewaan payung.

Sampai di ujung jalan, kita akan menaiki batu karang menuju kolam yang menyerupai sumur. Ya bentuk air terjun yang di ujung ini memang menyerupai lubang besar, dengan beberapa mata air yang keluar dari atas. Bila kita mendongakkan kepala ke atas pemandangan akan nampak beda, langit hanya keliahan berbentuk elips dan cipratan air yang segar.

Setelah puas foto-foto kitapun jalan pulang menyusuri jalan yang tadi. Satu setengah jam sudah kita menikmati Madakaripura. And, we will back soon.

2 komentar:

any mengatakan...

wah, potone apik2 gi, untung ada kamu jadi tahu tentang makadariini, thank's buat poto2 keren-na :)

sugi phang mengatakan...

ur welcome An.... "makadariitu" jangan sungkan2 buat nebus foto-na. per file cukup goceng, murah kan... hahahahahahah