2 Maret 2011

Last spot at Genting: Chin Swe Temple








Sedikit keluar dari hingar-bingar Resort World yang ada di Genting, kita mencoba untuk mengexplore salah satu temple atau orang Malay menyebutnya Tokong yang cukup besar.

Letaknya tidak jauh dari Resort World, hanya sekitar 10 menit dengan taxi ataupun bus. Tentunya disini terdapat tempat sembahyang umat Buddha dengan pagoda dan patung dewi Kwan Im serta patung Buddha sendiri dengan ukuran raksasa.

Sebenernya saya sudah cukup memiliki info bahwa ada shuttle bus gratis dari Resort World menuju Chin Swe Temple, tetapi karena keterbatasan waktu akhirnya kita pilih taxi menuju kesana dengan membayar RM30 sekali jalan ◦(˘_˘")◦huuufh, cukup mahal juga seh!! Tapi jangan khawatir temans, karena shuttle bus gratis ada di Maxims Genting Hotel. Bila anda stay di First world ada kog shuttle bus menuju ke Maxims Genting Hotel GRATIS (bus warna hijau)!! Atau anda bisa jalan kaki aja, bisa lewat lorong yang terdapat di lantai 2 dekat carousel (lihat petunjuk arah).

Okey, cukup info transportnya, sekarang mau cerita tentang Chin Swe temple . Setelah menyusuri jalan yang berkelok-kelok (tidak lebih dari 10 menit) sampailah kita di depan pagoda, cukup binggung pertamanya untuk mulai dari mana!? karena yang ada didepan mata Pagoda akhirnya kita coba lihat-lihat isinya. Di dalam Pagoda terdapat meja sembahyang dan railing tangga menuju puncak pagoda. Kita sempat menaikinya sampai lantai dua, karena pintu-pintu di gembok jadi kita putuskan untuk turun saja.

Di teras Pagoda ada beberapa toko kecil yang jual makanan dan buah-buahan, enak juga buat duduk-duduk disana sambil ngemil. Dari teras pagoda kita mendengar letusan mercon di bawah lembah, ow ternyata di bawah terdapat kuil juga. Menyusuri tangga menuju kuil dibawah, cukup menakjublan karena didalam kuil terdapat patung Buddha besar yang sekelilingnya adalah batu (saya kurang yakin batu itu asli atau buatan). Pemandangan cukup menarik dari bawah sini, bisa melihat hamparan hutan dan kolam kura-kura di samping kuil. Tetapi karena suara mercon yang tidak putus-putus akhirnya kita tidak berlama-lama disini.

Berikutnya kita menaiki tangga menuju big Buddha, disini terdapat air terjun dan hamparan teras yang ditengah-tengahnya dibangun kuil bergaya China. Diatas teras itu dihiasi deretan lampion khas temple-temple di Malaysia, cantik! Dari sinipun kelihatan Resort World yang ada diatas bukit. Selanjutnya kita bisa menyusuri patung-patung yang menceritakan sepuluh hakim neraka, tidak begitu menarik sebenarnya! Selesai? belom! Masih ada Patung dewi Kwan Im yang terlihat dari bawah tadi, sekarang kita tepat berada di kakinya. Selanjutnya ada patung putri khayangan dan cerita Buddha membawa kitab suci yaitu Sun Go Kong dan teman-temannya.

Oya, hampir kelupaan sebenarnya ada satu cara lagi menuju ke sini yaitu dengan menggunakan cable car. Sayangnya waktu itu lagi tidak beroperasi, tapi bisa Anda coba lain kali. Siapa tau anda lebih beruntung dari saya!

next cerita terakhir di Genting: First World Hotel

Tidak ada komentar: