Laman

18 Juni 2010

Thailand Trip: BANGKOK

Part III
Tujuan terakhir saya pada trip ini adalah BANGKOK!!

day one..

setelah menempuh 13 jam perjalanan dari Phuket Town dengan bus malam, akhirnya saya tiba di Mo Chit Bus Terminal di Bangkok. Letaknya ngak begitu jauh dari Chatuchak Market....

Pas sekali ini adalah hari minggu dimana hari untuk pergi ke Chatucak Market, karena pasar ini mmg weekend market bukanya hanya sabtu dan minggu saja. Karena kebingungan arah dan tanya kanan kiri pada ga tau bahasanya, akhirnya saya pilih naek taxi menuju hotel. Tadinya saya mau berhenti di Chatucak dulu, ternyata masih belum buka.... oya, saran saya kalo mau naek Taxi milih yg pake argo meter ya.. krn awalnya saya di tawarin THB 300 menuju hotel, tp saya maksa cari yg pake argo ternyata cuman abis THB 100.

7.00 sampai di Hostel (Urban Age, di daerah Patphong), ngak mungkin check in sekarang...saya nitip tas dan mandi dulu sebelum balik lagi ke Chatucak. Kali ini saya balik ke Chatucak dg BTS (monorail) naik dari Sala Daeng station trus interchange di stasiun Siam berakhir di Stasiun Mo Chit. Persis di utara Chatucak Market yang bersebelahan dengan Queen Sirikit Park.

Mulailah dengan Shoping t-shirt dan pernak pernik lainnya, mmg murah banget sih... T-shirt 2 pc cuman THB 99 ato 15000/pc, di pasar ini jualnya macem2, mulai baju, celana, tas, aksesori, sepatu, lukisan, sampe pet shop... mau yg brand new ato second juga ada... Karena belum makan semaleman, saya cari makanan di dalem pasar juga... nemunya Kwetiaw dengan campuran daging babi, ayam dan fishball, oke juga ...

rute berikutnya adalah Grand Palace, saya menggunakan BTS lagi...kali ini arah balik dari stasiun Mo Chit, interchange dg Silom line BTS di Stasiun Siam dan turun di Saphan Taksin. Perjalanan di lanjutkan dengan menggunankan Long boat dari Central Pier.

Melewati 5 pemberhentian, sampailah di Tha Tien Pier (no 5) persis berseberangan dengan Wat Arun di seberang sungai. Wat pertama adalah Wat Pho, di sini terdapat Reclining Budha dan beberapa kuil. beberapa kuil masih di renovasi. Wat Pho terletak di belakang Grand Palace.

Untuk mencapai Pintu masuk Grand Palace, kita harus jalan kaki menyusuri trotoar sepanjang Maharat road atau menggunakan tuk tuk. Sesampai di Grand Palace, bagi yg menggunakan celana pendek harus sewa celana panjang dg deposit THB 150 yg akan di kembalikan saat kita mengenbalikan celana. Entry pass THB 300, adalah tiket termahal tapi worthed dg banyaknya tempat2 didalam Grand Palace... Lucky me, Grand Palace tutup sampai jam 4 sore jadi saya masih punya waktu sejam untuk mengitari.

Setelah Grand Palace, berikutnya adalah Kaosan road (the famouce place for backpackers). menyusuri Sanam Luang Park di seberang Grand Palace, melewati para pendemonstran pendukung Taksin yg waktu itu sedang orasi di sekitar Taman dan Democracy Monument....

Sesampai di kaosan road, saya coba mencicipi Pad Thai (only for THB 30)... banyak hostel dan penjual baju di pinggiran jalan, bener2 kayak Bangla road di malam hari.....

Setelah melewati Democracy monument yg penuh si kaos merah, saya menuju City hall dan Giant Swing....

Berikutnya adalah The Golden Mount, kuil di atas bukit... recomended banget untuk di singgahi... udara Bangkok yg panasnya minta ampun serasa hilang di sini... menyusuri anak tangga dan beberapa lonceng (kita memukulinya satu persatu). dari puncaknya kita bisa masuk ke dalam kuil dan melihat indahnya kota Bangkok dari atas sini... seluruh penjuru kota bangkok terlihat dari sini!!!

Menyusuri sepanjang Bamrungmuang Road, sampailah di National Stadium (ujung BTS Silom Line) yang bersebelahan dg MBK Mall... Karena belum dapet kunci hotel, dan reseption td pagi sudah mewanti2 jangan sampai lebih dari jam 9 sampai di hostel. Akhirnya saya balik ke hostel dg BTS dari Siam st.

hari ini belum selesai, ternyata Patphong market di sebelah Hostel cukup ramai di malam hari. banyak pedagang baju dan tas, tapi harganya pasti lebih mahal!!

----

day two...

Perjalanan menuju Ayutthaya (klik)

Selanjutnya saya menuju Siam Discovery, Siam Center dan Siam Paragon yg mmg sederet... Sekumpulan Mall, terdapat Seaworld di basementnya...

Selanjutnya menuju ke Suan Lum Night Bazzar, lagi2 tempat shoping mirip dg Chatucak tp yg ini bukanya malam hari saja... Kalau harga barangnya sptnya lbh murah di Chatucak, pintu masuk Suan Lum kita di sambut dg sederetan kios penjual makanan dan ada live music. Sebelumnya kita musti beli karcis untuk beli makanan, senilai uang yg ingin kita belanjakan.

belanja sampai puaaaas......

----

day three...

my last day at Bangkok, pagi2 saya menyusuri sekitar Silom road dan Surawong road daerah dimana saya tinggalin 3 hari ini. ternyata ada depot di sudut gang, di belakang hostel.... saya pilih masakan rebung, babi panggang dan cah daging! hanya THB 40 sudah termasuk minum, kenyaaang! Baru kali ini makan nasi selama di Thailand.....

arah balik dari Surawong Road menuju Rama IV road, melewati Wall Street dan Jim Thomson Silk Shop.. sampailah di Lumpini Park. Dimana berdiri kokoh patung King Mongkutklao, setelah puas mengitari sudut taman Lumpini saya balik ke Silom Road, di bawah Sala Daeng terdapat Tops Supermarket untuk beli beberapa oleh2 panganan khas Thailand.

Tet jam 10, siap untuk berangkat pulang.... setelah mengucap Trima Kasih dg reception yg membantu bbrp hari ini selama saya stay di Bangkok!!

Tadinya saya akan menggunakan Bus dari Hua Lam Pong seharga THB 150 menuju Suvarnabhumi Airport, lucky me.... setelah nanya2 sama roomate dari Philipina, dia kasih saran mengunakan bus umum No 55 dari Victory Monument. Artinya saya harus menggunakan BTS yg sama menuju Chatucak Market dan turun di Victory Monument st.

Turun dari stasiun BTS masih jalan kaki melewati penyebrangan menuju halte di sisi timur monumen. pas nyampe di halte langsung keliatan Bus no 55 dg warna kuning menyala, tarifnya hanya THB 34 total THB 60 dg BTS tadi.... murah banget kan!!!

sampai di airport hanya sekitar 1 jam perjalanan, stop di halte bus dan harus pindah ke bus airport (free)....

Holaaaa, ternyata airportnya sangat2 bagus... gede... lux...dan..... Indonesia kalah lagiii :(

Kali ini perjalanan kembali ke KL mengunakan Malaysia Airlines, ternyata pesawat saya di delay 1 jam. lumayan masih ada waktu buat jalan2 di airport, masih bisa wisata kuliner... ternyata makananya jg ngak mahal2 amat, sekitar THB 40 -80.

Sebenernya saya sedikit khawatir dg pesawat saya berikutnya dr KL ke Sub jam 7 malem, karena saya hanya punya waktu 2 jam untuk pindah dari KLIA menuju LCCT!!

Akhirnya semua berjalan dg lancar, meskipun saya sedikit dongkol sama sopir bus menuju LCCT.... udah tau org lagi ngejar waktu masih bisanya dia bersantai ria ngobrol dg temannya, tp itulah sedikit cerita perjalanan saya kali ini....

Can't wait for the next JOURNEY