Laman

28 Juni 2010

Trilogy: Tanjung Papuma

Trilogy: Bromo <-- previous Belum lagi saya menyelesaikan tulisan tetang Trilogy PAPUMA, kemarin saya sudah mengunjungi Tanjung Papuma lagi. Yang akan saya tulis bersamaan dengan perjalanan saya menyusuri Meru Betiri National Park. Berikut perjalanan saya mengunjungi Tanjung Papuma bersama TRILOGY. Hari kedua ini rencananya kita langsung naik ke Arabika lodge di desa Sempol, Ijen.... Setelah melalui perjalanan 2,5 jam ke timur, akhirnya kita sampai di jember... Kota kita di besarkan, banyak kenangan tetntunya... Terutama makanannya yg bikin kangen, lalu dari hasil rembug kita makan di depot Jawa Timur. Udah kebayang nasi Sop Ayamnya...hmmm, gak pernah lewat deh!!! Tamu2 bule: vivi dan Grandpa milih Nasi Soto Ayam dan Geoff tetep dengan Gado-gado plus es campur. MElody dan ce Ling sharing nasi Bakmoy, yang penting kuenyaaaang dan mereka cukup surprise dg harganya yg hanya $9!!! hahahahah.... Perjalanan lanjut ke Bondowoso setelah mampir di tempat Yakob,... Sejam perjalanan kita sudah sampai di pertigaan menuju Ijen, dan ujan makin deressssss.... Saya sempet telpon beberapa kali ke Hotel untuk menanyakan petunjuk arah dan kondisi jalannya, pihak hotel kasi info ke kita kalau jalanan rusak cukup parah dan akan ditempuh sekitar 1,5 jam lagi. Cukup menakutkan untuk jalan di tengah hutan dan kondisi jalan yg rusak serta hujan yang lebat, akhirnya kita putuskan untuk balik ke Bondowoso..... 19.00 Bondowoso masih diguyur hujan.... nyampe lah di depan lobby hotel Ijen View, kita check in dulu di sini... Hotel bergaya resort, dengan kolam renang, ballroom, lobby, restaurant.... semua terkesima... FYI, standard room 250/malam dan deluxe room 350/malam. hujan menghambat kita untuk menjelajahi panganan di Bondowoso, yah... kita akhirnya memesan sandwich dan nasi goreng di resto hotel, cukup memuaskan di lidah kita.... tiduuuuurrr....... 06.00 suara kiacauan burung mengawali hari ini..... dari teras kamar pemandangan kolam renang dan taman menyegarkan mata!!! Sambil duduk2 di gasebo kita membuat plan untuk hari ini, menurut info dari staff hotel perjalanan menuju ijen di tempuh selama 3 jam yg artinya 6 jam PP. Belum lagi waktu untuk foto2nya, terpaksa dengan hati yg berat kita membatalkan perjalanan ke Ijen. Tujuan berikutnya adalah Tanjung Papuma.. Yes, we go to the beach! 11.00 cukup siang kita check out dari hotel, karena kita berusaha menikmati segala keindahan hotel ini... dari balik kolam renang terhampar gunung raung di kejauhan sana.... 13.00 bayar karcis di pintu masuk Watu Ulo cukup 20rb, oya perjalanan kita tadi dari Bondowoso-Jember-Ajung-jenggawah-Ambulu-Watu Ulo. Kondisi jalan cukup bagus dan nyaman!! Gate ke dua adalah "Tanjung Papuma" bayar karcis lagi.... di atas tebing terdapat Goa Jepang dan Goa Kelelawar, pemandangannya cukup bagus.... Area Parkir di seberang Kelenteng cukup luas, menyusuri pohon-pohon waru kita melewati kelenteng menuju pantai.... Bongkahan karang yang menjulur sampai ke tengah laut memang menyerupai juluran seekor Ular raksasa, banyak sekali photo spot di sana.... di kejauhan tampak pulau Nusa Barung dan beberapa pulau kecil. Pulau2 di tengah laut menyerupai jamur2 yang betebaran.... mengingatkan pada perjalanan menuju James Bond island di Phuket. 15.15 Perut udah ga bisa kompromi, atas recomendasi dari Yakob yaitu ikan bakar pak Agoes di seberang pantai..... Menuju warung pak Agoes harus bayar karcis lagi 2000, karena ini kawasan yang dikelola PTP. Meneliti satu persatu deretan warung2 disana, tidak tampak satu pun warung pak Agoes. Sampai warung terakhir kita juga tidak menemukan. Dari balik tanjakan jalan, kita menemukan spot yg cukup indah!!! ambilah kita beberapa photoshot dari atas bukit, kali ini pemandangan menyerupai Phi Phi Ley Isaland di Phuket. Ternyata wisata lokal yg deket sini juga gak kalah menarik..... Kita melaju terus sampai ujung pantai, terhampar batu2 segede telapak tangan.... kali ini ada beberapa fotografer yg mengabadikan model di batu2 karang.... memang lokasi yg bagus untuk pengambilan gambar!! 16.30 Kita kembali menyusuri warung2, dan menemukan warung dg gambar seorang nelayan dan ikan tangkapannya... inilah warung pak Agoes, kita pesen 2 ekor ikan yaitu putihan dan bawal. Setelah menikmati lunch kita di jam 5 sore, hahahahahah.... lagi2 menuju pantai, tempat di mana puluhan perahu nelayan bersandar bak prajurit!!! Banyak org2 yg berjongkok di batu karang sambil menunggui kail ikannya di makan tangkapan.. dan matahari mulai menghilang di ujung barat, awan menutupi sunrise!! next --> Trilogy: Goa tetes