Laman

14 Juni 2010

Thailand Trip: PHUKET

Hari kedua, tujuannya terbang ke Phuket. Tujuan awal, saya pengen naik kereta api tapi setelah browsing2 ternyata naik kereta api memakan waktu hampir seharian. Diurungkan lah niat naik KA, akhirnya dapet tiket AA yg ngga begitu murah.... :) lebih mahal dr pd tiket PP sub-KL.

Dah jam 7 tet, pesawat berangkat. Landed di Phuket juga jam 7 pagi karena waktu Phuket sama kayak di Surabaya, mundur sejam dari KL. Pemandangan sebelum landed bagus banget, matahari juga baaru mulai muncul, dari kejauhan keliatan pulau kecil menyerupai jamur2.....

Pertama rada bingung juga, naik apa ya ke Patong (salah satu pantai yg paling ramai di Phuket), saya juga stay di sini...

Cari2 info transport, eh malah di tawarin tour ke James Bond island sama Phi phi island. Dari milis tetangga saya dpt info kalo ikut one day tour sekitar THB 1500/tour. Mereka pertama tawarin harga THB 2200/tour, akhirnya jiwa tawar-menawar muncul, heheheh. Deal, harga THB 3150 untuk 2 tour itu. Semua sudah included transfer dari airport ke hotel juga dari hotel ke hotel esok harinya. Lunch dan perlengkapan spt: canoeing, alat2 untuk snorkling dll. (kalo sepatu katak bayar sewa lagi THB 100). oya, untuk tour ke Phi phi mmg lebih mahal. dan ada 2 pilihan yaitu pake speed boat ato kapal besar. saran saya sih pake speed boat, lebih cepet dan lebih nyaman meskipun lebih mahal. *Jangan takut buat nawar!!!

kebetulan karena masih jam 8 pagi keburu untuk ikut tour ke James Bond island hari ini, yipppeey...itung2 ngirit ongkos taxi!! heheheh...., taxi dari airport ke Patong bisa kena sekitar THB 600. Lumayan kan!!!!

Hari 1 Phuket: James Bond one day Tour
ternyata pelabuhan cukup dekat daari airport, sekitar 20 menit....
peserta juga cukup banyak terbagi menjadi 5 boat, tet jam 10 pagi kita start. Kita harus jalan kaki menuju dermaga yg jaraknya sekitar 500 meter.

Di atas boat sudah disediakan minuman FREE, mulai dari air mineral sampai soft drink. hanya beer saja yg musti bayar!! heheh.... juga ada snack spt nastar, buah2an,dll...

Pemberhentian pertama yaitu Khao Ping Kan yang punya nama beken James Bond island, mengitari pulau ini punya pemandangan yg menabjubkan!! di balik pulau terdapat deretan pantai dan terlihat dikejauhan pulau2 kecil2 banyak sekali!!! sekitar 45 menit disini, kita lanjutkan perjalanan... tet jam 12 lunch di atas Boat dg menu spagetti, chicken wings, nasi goreng, veggie saute dan yg paling yummy adalah ikan goreng dimasak dengan bumbu nanas... hmmm, ga ketinggalan Tom Yam.

Setelah kenyang, kita di ajak untuk canoeing di Ko Hong island. melihat keindahan pulau2 di sekitarnya, yg menjadi inspirasi film Avatar.....

Dari Ko Hong yg masuk wilayah Phang Nga kita menuju Ko Phanak, salah satu pulau yg memiliki cave. Dengan menggunakan canoe kita menepi, memasuki gua yg memiliki batu andesit spt crystal putih. sampailah kita di tengah2 pulau, yg mirip lubang sumur. ternyata di sini tersimpan terumbu bakau dan batu2an yg unik...

setelah selesai menikmati keindahan cave di Ko Phanak, kita menuju sisi balik pulau untuk berenang ditengah laut atau hanya ber-canoe.... sangat mengasikan...

perjalanan balik ke pelabuhan mulai turun hujan, tp pemandangan begitu indahnya.... mata hanya memandang ke belakang, sambil terbayang begitu indahnya deretan pulau2 itu menyerupai gunung2 jamur di tengah lautan....

Jam masih menujukkan 16.00, saatnya kita diantar pulang menuju hotel... perjalanan sekitar 1 jam. saya kebagian penurunan yg terakhir, sambil mencari2 hotel yg berada di pertigaan Bangla Rd. Setelah check-in, cepet2 mandi dan mulai jalan2 di daerah bangla... ada banci show dan sederet pub dan cafe!! Bangla Rd mmg di tutup untuk kendaraan mulai jam 6 sore, jadi begitu banyak pejalan kaki menikmati pertunjukan!!

Udah ga sempet cari makan malam, saya malah menghabiskan berbagai panganan di pinggir jalan spt: sate dan buah2an yg mengiurkan, hehehehh....

Hari 2 Phuket: Kho Phi Phi one day Tour
Jam 7 pagi saya sudah siap di lobby hotel untuk di jemput travel agent, setegah jam kemudian mereka baru datang....

Sekarang tujuannya adalah Phi phi island.... yg ada di bayangan yaitu film THE BEACH, wah saya bakalan melihat benerkah keindahan Ma Ya Bay????

Perjalanan di mulai dengan menggunakan speed boat, kapasitas sekitar 30-40 orang. si Solaiman guide kita hari ini mulai memperkenalkan diri, dan byuuuur.... speed boat mulai jalan dg kenceng menembus ombak yg gede pagi ini... kita terombang-ambing dan terkocok2, hahahahha....

1 jam cukup bikin mual dikocok di tengah laut tadi, tp begitu lihat pemandangan di depan mata....whooola...Ma Ya Bay, dengan pasirnya yg putih bersih dan warna air hijau bening,,,hmmm, amazing!!!

kita di kasih waktu 40 menit untuk menikmati pulau ini, wah cepet deh ambil foto sana-sini!!! masuk ke dalam pulau, terdapat pondok dan beberapa tenda...di balik pulau terdapat pantai dengan batu karang yg terjal, naiklah ke tangga daari kayu. terlihat beberapa boat mengitari pulau...hmmm!!

Ada beberapa rombongan snorkling di Maya Bay tapi kita tidak snorkling disini. Perjalanan lanjut menuju Pileeh Lagoon... pemandangan laguna yg begitu bagus, hijau dan air yg begitu jernih!!

Selanjutnya, melihat dari boat keindahan Viking Cove dan ikan dory yg begitu banyaknya!!! Setelah itu kapal merapat di Monkey Beach, saya tidak turun dari boat dg pikiran mau menikmatinya dari atas boat saja!!!

Perjalanan di lanjutkan menuju Kho Phi Phi, Pulau dg resort dan restauran. kita lunch di salah satu resto, setelahnya saya coba untuk mengitari pulau. Di pulau ini tidak ada mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya, jadi memang bebas polusi...

Satu jam di pulau kita menuju terumbu karang di deket kho Phi Phi, acara snorkling di mulai.... wah, pemandangan bawah lautnya menabjubkan!!! dengan ikan-ikan yg sangat natural... setelah 30 menit, kita di bawa ke Khai Island untuk acara bebas....

Khai island, kita bisa snorkling atau pun menikmati keindahan pulau ini. besarnya hanya 2x lapangan bola, sekeliling di kitari pasir putiiih.... di sini saya coba Thai Papaya salad, spt rujak kuah pindang di Bali!!!

perjalanan pulang, ombak sudah tidak begitu besar.... speedboat yg kita tumpangi cukup enak, tanpa guncangn2 spt td pagi.

begitu sampai di Pier, kita di antar balik ke hotel. saya memilih untuk turun di depan Jungceylon Mall, salah satu mall terbesar di Patong. ngak lupa nyobain pijat reflexi, ternyata beda sama di surabaya, tarifnya semua sama THB 200 untuk satu jam pijat reflexi.

Berikutnya menikmati sunset di Patong, .....

hari 3 Phuket: hari ini saya habiskan buat keliling Patong beach, mulai pagi saya telusuri sepanjang pantai Patong. sempet mampir di HRC Phuket, sampe jam 11 siang cepet2 saya balik ke Hotel. setelah check out, saya tunggu bus yg menuju Phuket town kebetulan lewat di depan hotel.

Sampai di terminal Phuket, saya cari2 bus menuju Bangkok. Jatuh pada pilihan bus 2nd class dg harga THB 450 berangkat jam 5 sore. Masih ada waktu bbrp jam, akhirnya saya pun mulai puter2 Phuket town. Perut udah mulai keroncongan, ngak jauh dari terminal ada depot mie yg rame... wah perlu di coba, bener aja seafood noodlenya jago banget!!!

Setelah jalan kaki 1 jam, tibalah di Old town...eh, ngak sengaja nemu On-on Hotel...lagi2 tempat pengambilan film THE BEACH...masuklah saya ke dalam hotel, yg memang hotel ini bener2 hotel jadul dg perawatan yg minim... di dalam hotel terdpt bbrp foto2 film The Beach, wah sayang sekali kondisinya... jauh lebih bagus hotel Ganeffo di kembang jepun, hehehehh....

di daerah old town, kita bisa lihat bangunan2 tua... sptnya ini bener2 pusat kota!!!

kurang dari sejam lagi bus berangkat, saya cepet2 balik ke terminal.... beli buah mangga dulu buat di perjalanan!!!

Perjalanan makan waktu 13 jam sampai di Bangkok..... cioaaaaooo Phuket!!!