Laman

11 Oktober 2010

Cable Car Adventures

Kemarin, kita menyebrangi Macao dengan menggunakan Turbo Jet menuju Hong Kong island. Speedboat yang sangat nyaman, perjalanan selama hampir satu jam terasa begitu cepat walaupun cuaca agak hujan. Tiket speedboat seharga $147 untuk dewasa dan $12o anak-anak, plus $6 per luggage. Harga tiket akan berbeda di peak hour dan malam hari. Counter ticket terletak di lantai 2 Macao Harbor dan hampir tiap 15 menit ada boat menuju Hong Kong, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama. Dari sini banyak destinasi menuju Hong Kong maupun China daratan.

Sesampai di Hong Kong Harbor siang hari, kita langsung cari makan. Karena beberapa hari makan chinese food, rasanya pengen junkfood sekali-kali. KFC jadi pilihan, ah meskipun KFC tetep aja rasa lokal. Lucunya tiap nasi (paket) ditaburi jamur dan rasa sambelnya pastilah manis :)

Menuju hotel di Wan Chai, kita pilih pakai taxi hanya mau praktis saja. Malamnya kita menuju Causeway Bay, setelah mengunjungi saudara yang tinggal di daerah Victoria Park. Malam ini sengaja tidur pagian supaya besok bisa ke Disneyland agak pagi :D

Keesokanharinya terpaksa kita batal ke Disneyland, salah satu keponakan mendadak demam :( Setelah sarapan di seberang hotel, kita menuju Ngong Ping (tukar itinerary hari ke-6) dengan menggunakan MTR. Oya, kita sempet beli Octopus Card seharga $150 plus $50 untuk jaminan kartunya.

Sampai di Tung Cung Station, kita langsung di menuju konter tiket Cable Car menuju Ngong Ping. Tiket dewasa sekitar $150 dan $100 untuk anak-anak, bila mau pakai cable car yang crystal ada tambahan biaya sekitar $30. Crystal Car ini bentuknya sama, hanya saja lantainya terbuat dari kaca sehingga bisa menikmati pemandangan dari lantai... ngerii juga!!!

Perjalanan menuju Ngong Ping selama setengah jam cukup menyegarkan mata, kita disuguhi pemandangan yang luar biasa. Pesawat yang hilir mudik di Chek lap Kok Airport terlihat seperti pesawat mainan. Di kejauhan nampak pulau-pulau kecil yang mengitari dan hijaunya hutan yang kita lewati, hmmm semuanya mengagumkan!!

Sesampai di Ngong Ping, pemandangan cukup berbeda. Nampak deretan bagunan bergaya Cina yang difungsikan sebagai toko-toko sovenir dan restauran. Kita masih harus berjalan menuju Big Budha sekitar 10-15 menit, sambil sightseeing di sepanjang jalan. Ada satu pohon keberuntungan yang menjadi point of view, nampak cantik walaupun sudah menjadi pohon artificial.

Sesampai di kaki Big Budha, kita melepas lelah dulu sambil mengumpulkan tenaga untuk naik ke atas :) Sangat nyaman untuk berlama-lama disini, karena memang pemandangannya yang cantik ditambah udaranya yang masih bersih.

Menyusuri ratusan anak tangga sambil foto-foto sana-sini, obyeknya banyak sekali. Cukup berhenti 2 kali untuk sampai diatas, wow bener-bener ngak rugi naik samapi diatas sini. Pemandangan pulau-pulau dan Budha statue yang sangat indah, kagum tiada hentinya. Setelah puas mengabadikan foto diatas, kita kembali menuju Ngong Ping.

Sebelum naik cable car menuju Tung Cung, kita sempat menikmati gellato dan pizza di Ebeneezer Cafe. Recommended place, boleh cobain kebab-nya juga :D Harganya cukup masuk akal, dipatok sekitar $50-60.

Sesampainya di Tung Cung, kali ini kita bisa shopping di Citygate Outlet. Walaupun toko-toko disana semuanya berupa outlet, tetapi kita harus tetep pinter-pinter buat milih. Karena yang ditawarkan adalah barang-barang dari musim-musim yang lalu, bahkan sebagian barang sudah cacat produk. Satu lagi, harganya tidak semuanya murah!! Sempat saya cek harga untuk T-shirt keluaran PUMA di bandrol HK$ 200 atau kisaran 240 ribu, padahal kalau di counter Indonesia kita masih bisa dapet harga 100 ribu yang sale.

Di Citygate juga terdapat foodcourt yang menyajikan berbagai macam makanan. Kita sempat coba noodle with soup dan nasi campur seharga $35, lumayan juga dapet porsi gede!