15 Oktober 2010

ber-BLACKBERRY-an gratis di 7 negara


gambar: coutesy by yahoo

Sejak tanggal 13 Oktober kemaren XL kembali membuat gebrakan baru. Mereka memberikan gratis international roaming ke 7 negara. Berikut daftar negaranya:

  1. Malaysia (operator Celcom),
  2. Singapura (M1),
  3. Kamboja (Hello),
  4. Bangladesh (Robi),
  5. Sri Lanka (Dialog),
  6. Hong Kong (SmartTone), dan
  7. Jepang (Softbank).

Gratis data ini diberlakukan selama 3 hari, pada hari ke 4 dan selanjutnya akan di tagih sesuai ketentuan yang berlaku yaitu ribu per hari bagi pelanggan pasca bayar dan ribu bagi pelanggan pra bayar. Saran » pada hari ke 4 dan selanjutnya kita bisa gunakan gratis WiFi :)

Hal ini sangat menguntungkan sekali bagi kita yang akan mengunjungi ke-7 negara tersebut, berarti semakin dibukanya persaingan tarif International roaming. Saya percaya suatu hari nanti provider yang lain juga akan mengikuti jejak XL.

Sebagai perbandingan tarif:

Contoh nyata saat saya melakukan perjalanan seminggu ke Malaysia, Macao dan Hong Kong dengan menggunakan Matrix dari Indosat. Hanya ditagih sebesar 200 ribu sekian, ini sangat murah bila kita tidak menggunakan paket satu harga tarif roaming international. Dapat dilihat di lembaran tagihan kalau pemakaian data sebesar 900 ribu lebih. Sayangnya, saat di Hong Kong saya tidak menemukan rekanan provider Hutchinson Telephone Co. Ltd :( jadi terpaksa mencari WiFi gratis.

Oya, tarif XL tersebut akan habis sampai 31 Desember 2010. .

Tidak ada komentar: