18 Juni 2011

BAKCANG


Hari ini adalah hari BAKCANG nasional, hehehhe. Ga tau juga ya kenapa kog hari ini dinyatakan sebagai hari bakcang.

Eh, iya! Mungkin tidak semua tau bakcang itu apa, tapi bagi kami yang keturunan Chinese sudah menjadi santapan yang biasa saat ada perayaan-perayaan khusus. Dan bahkan sekarang sudah dapat di jumpai tiap hari di supermarket atau depot-depot masakan Cina. Mungkin kalau di Indonesia makanan yang menyerupai bakcang adalah ketupat atau lemper, bentuknya mirip ketupat tapi isinya lebih mirip lemper.

Bakcang sendiri aslinya terbuat dari beras ketan dan dalamnya diisi daging atau telor dan jamur kemudian dibungkus dengan daun bambu. Bentuknya segitiga mirip piramid gitu deh... Dan sekarang adapula yang terbuat dari beras, jadi mirip makan lontong isi. Ada pula yang hanya beras ketan aja dan dimakan dengan gula jawa, yang ini lebih mirip kue lapis (madura) disebut Kwe Cang.

Wah, ternyata banyak juga ya macam-macam bakcang. Ada satu lagi bakcang yang di bungkus daun teratai, isinya hampir mirip-mirip juga, banyak di jumpai di restoran-restoran yang menyediakan dim sum. Kalau ini biasanya disebut dengan Lo Ma kai.

Hari ini, mama khusus buatin bakcang yang isinya daging babi kecap. Dulu waktu saya masih tinggal di rumah mama sering juga bantuin buat mbungkus bakcang ini. Selesai membuat bakcang biasanya tangan jadi kasar akibat daun bambu yang banyak duri halusnya.

Tidak ada komentar: