Laman

24 Agustus 2010

Live in: The Urban Age Bangkok

Beberapa hari yang lalu ada teman dari milis Jalan Sutra yang menanyakan tentang The Urban Age Hostel di Bangkok. Saya jadi keingetan kalo belum posting disini tentang Hostel ini.

gambar: The Urban Age

Berawal saat menyusun itinerary ke Phuket dan Bangkok bulan Maret kemarin, dimana waktunya untuk memilih tempat tinggal selama disana. Setelah goggling saya menemukan The Urban Age Hostel yang ditawarkan oleh HostelWorld dengan harga super duper murah, hanya US$ 7 per malam di dorm room.

Sebenarnya saya belom ada bayangan sama sekali mau stay dimana selama di Bangkok, ragu juga buat memilih Urban Age yang berada di sekitar Patphong yang terkenal dengan redlight distric. Dan sempet juga kepikiran buat nyari di daerah Kaosan Road yang lebih famouse buat backpackers, tapi tidak ada satupun hostel yang menarik. Akhirnya ada dua pilihan Hostel yaitu The Urban Age dan HQ Hostel Bangkok di daerah yang sama, Silom Road.

Setelah penuh pertimbangan dan cari info kanan-kiri akhirnya saya memilih The Urban Age Hostel. Salah satunya rekomendasi saya dapat dari mbak Ambar dari milis Indo Backpackers (IBP). Di e-mail balasannya Dia kasih input kalau daerah Silom ini dekat dengan stasiun BTS Sala Daeng dan MRT Lumpini, sedangkan Kaosan Road adalah kawasan yang tidak dilalui oleh MRT maupun BTS. Kepikiran juga ya kalau transportnya agak susah, tapi jangan khawatir di Bangkok banyak bus maupun transportasi air.

Teman yang lain, pak Agung dari TravelHemat kasih masukan di daerah Sukhumvit. Daerah ini juga dilalui BTS dan MRT, tapi saya kurang sreg dengan Hostel rekomendasi pak Agung. Oya saat di Phuket saya satu kamar dengan sepasang kekasih dari China, dia juga merekomendasikan daerah Sukhumvit. Maybe next trip to Bangkok should stay there!

Bener juga, sesampainya saya di Bangkok semua bayangan tentang hostel ini nyata!! Berupa bangunan semacam ruko 4 lantai (ternyata di dalamnya 6 lantai), berada di kompleks perkantoran. Lokasinya memang bukan di tepi jalan raya, tapi sangat mudah untuk mencarinya. Lokasinya masuk gang (yang di Bangkok disebut dengan soi) hanya 200-300 meter, ancer-ancernya adalah Seven Eleven!!

Warna hijau di fasad bangunan nampak eye chatching dibanding bangunan yang lain! Memasuki area lobby terdapat sofa bed di sebelah kiri pintu masuk dan satu unit komputer (bayar suka rela di box). Sedangkan sebelah kanan terdapat console table yang berisi peta-peta gratis dan buku-buku travelling, dilengkapi papan dinding yang ditempeli beberapa uang asing dari tamu dengan kata-kata mutiaranya!! Meja panjang dibawah tangga merupakan meja resepsionis dan 24 hour coffee corner.

Menaiki anak tangga sampai lantai 6 menuju dorm room, kita disuguhi thematic level (saya lupa tiap-tiap lantai memiliki nama). Hampir tiap lantai memiliki toilet, kecuali Lt 5 dan 6, sayangnya meskipun toilet cukup bersih tapi baunya menyengat (Lt 4). Saran saya sebaiknya gunakan toilet di Lt 3! Kondisi kamar standard dengan 3 susun ranjang tanpa ada loker (tapi aman saja!! Dorm policy)

Over all, hostel ini bakal saya singgahi lagi kalau ke Bangkok!! Suasananya sangat hommy dengan petugas-petugas hotel yang ramah. Sangat menyenangkan sekali!! Mereka mau membantu kita apa saja, mulai dari mengarahkan tempat-tempat yang wajib dikunjungi sampai menunjukan transport apa saja!! Bahkan ada simulasi fotonya dikomputer dengan Sangat jelas sekali, saat saya menanyakan jalan menuju Chatuchak Market.

Di pagi hari kita bisa menikmati makanan yang dijual sepanjang jalan Silom, beragam panganan di tawarkan. Sedangkan dimalam hari berganti berbagai pakaian dan aksesorisnya. Meskipun berada di redlight distric tapi kawasan ini cukup aman buat saya!! Note: kita tetep harus waspada.

gambar: suasana Silom Road di pagi hari, penuh dengan penjual makanan

Oya, jangan lupa cobain depot dibelakang Urban Age yang menyajikan nasi dengan beberapa menu pilihan. Cukup bayar THB 50 dengan 2 macam lauk. Depot ini terletak antara Silom Road dan Surawong Road, melalui Silom Soi 9.

gambar: Depot dibelakang Urban Age dengan menu yang bervariasi

Disekitar Silom merupakan perkantoran dan Rumah Sakit, jadi cukup sibuk di pagi hari. Dan cukup dekat menuju Suan lum Night market hanya satu station dari MRT Lumpini menuju Suan Lum. station (THB 20). ..

Kenang-kenangan dari kakak yang jaga resepsion yaitu tulisan nama saya dengan huruf Thai: ซูกิฮาร์โต kwawp khun!! (terima kasih)


Contact:
The Urban Age
130/6 Silom Soi 8 Silom Road, Bangkok - Thailand
Tel. +6686 8839583 or +6626 342680
e-mail: theurbanage@hotmail.com


View Larger Map

Tidak ada komentar: