8 Juni 2009

The Power of Story Telling

Samar-samar, kita pasti ingat bagaimana ibunda dulu menceritakan berbagai cerita sebagai pengantar tidur. Seberapa besar manfaat dongeng untuk anak?

Kapan sebaiknya orangtua mendongeng untuk anaknya? The sooner the better. Untuk awalnya, kenalkan bayi enam bulan Anda dengan buku bergambar. Warna dan gambar yang menarik akan menimbulkan kepekaan dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Pada usia satu ke atas, saat anak mulai belajar bicara, responsnya terhadap cerita pasti semakin bertambah. Apalagi, jika intonasi suara saat berdongeng Anda variasikan mengikuti tokoh cerita. Lewat cerita, daya pikir dan imajinasi anak akan terasah dan berkembang. Sementara, tali kasih antara orangtua dan anak akan semakin kuat terjalin.

Manfaat lainnya, cerita yang disampaikan, terutama melalui buku bergambar efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika juga menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain, seperti nilai-nilai kejujuran, rendah hati, setia kawan, kerja keras, serta cita-cita.

Contohnya, Just Go To Bed karya Mercer Meyer, Princess Collection terbitan Disney, dan Go To School. Just Go To Bed mengisahkan persahabatan Little Critter si keras kepala dengan tikus kecil yang setia, sedangkan Princess Collection menceritakan pengalaman para putri yang berusaha keras menggapai cita-cita tanpa mengenal putus asa. Cerita yang tak kalah seru adalah Go To School yang menggambarkan keharmonisan keluarga The Berenstain Bears.

Lewat cerita, anak diperkenalkan dengan beragam emosi, mulai dari haru, senang, sedih, maupun gembira. Langkah ini, semoga saja menjadi awal untuk menumbuhkan minat baca anak hingga dia besar nanti.

Tidak ada komentar: