30 Mei 2013

HANOI: semalam ke Halong Bay




Halong Bay, nama yang tidak asing bagi kita dan tahun lalu dijadikan pemenang dalam 7 Keajaiban Dunia yang baru. Salah satu warisan budaya yang telah di tetapkan oleh badan PBB, UNESCO.

Gugus kepulauan ini terletak sekitar 3 jam perjalanan dari kota Hanoi, banyak operator tur dari Hanoi yang menawarkan paket perjalanan dari satu hari, dua hari sampai seminggu.  Kami pun menggunakan jasa operator tur yang sudah kami kontak dari Surabaya sebelumnya, untuk 2 hari 1 malam di patok harga sekitar $110/orang. Harga tersebut tentunya berbeda-beda berdasarkan boat dan pelayanannya, kami menggambil yang middle range.

Tur sudah termasuk:

  • Penjemputan dari Hotel sampai pelabuhan dan kembali ke hotel.
  • Makan sesuai acara, tidak termasuk minuman. Untuk minuman mereka jual terpisah.
  • Karcis masuk ke tempat-tempat wisata
  • Kayaking
  • Guide berbahasa inggris
Kami menyewa 1 boat private untuk 1 grup kami yang berjumlah 12 orang, berisi 7 kabin, 3 di dek atas dan 4 di dek bawah. Kru berjumlah 6 orang yang siap melayani kami sepanjang perjalanan ini. 

12.15
Kita sudah sampai di dek kapal, dan disambut dengan makan siang. Tujuan pertama adalah ...... Cave,  ini yang cukup besar dan populer. Selanjutnya menuju Fisherman Villange untuk kayaking, dalam perjalanan pemandangan cantik banget. Setelah puas berkayaking, kita cepat-cepat menuju pos di pulau Tip Top untuk registrasi.  Di pulau ini fasilitas cukup lengkap, mulai dari pantai yang bersih putih, lapangan voli pantai, sederet lazy chair, dan menara diatas bukit.

Setelah registrasi selesai, kita bermalam di area pulau Tip Top tersebut, 19.00, waktunya makan malam. Menu makan malamnya superherb, salad udang, nasi goreng nanas, cumi tepung, dll. Malam itu kita habiskan dengan menikmati candaan dan memancing cumi, tapi tidak satupun tertangkap ;)

Keesokan harinya saya terbangun karena kepanasan, AC dalam kabin mati dari semalam. Untungnya cuaca cukup sejuk dan dari balkoni kami menikmati suasana pulau-pulau cantik ini. Hari ini kita akan diajak menuju Siamai Island, konon nama tersebut diambil karena disana banyak tumbuh bunya Siamai. Di pulau ini kita akan naik menuju puncak yang jaraknya sekitar 1 KM saja. Pemandangan dari atas bukit ini cukup cantik, bisa dibayangkan sendiri jejeran limestone island yang jumlahnya bisa ratusan dan dikejauhan nampak beberapa kapal cruise yang mulai bergerak.

Setelah puas melihat pemandangan dari atas bukit, kita masih punya waktu untuk bermain di pantai. Pantainya layaknya private beach karena hanya rombongan kita saja yang bersandar di pulau ini. Dan, selanjutnya kita melanjutkan perjalanan pulang.

Dalam perjalanan pulang, ada sesi cooking class. Vietnamese Spring roll menjadi menu andalan, bahan-bahan sudah di siapkan oleh chef dan ibu-ibu antusias memperhatikan cara pembuatanya. Ya layaknya bikin lumpia basah :) cuman yang ini isinya pake yang fresh.

Tengah hari
akhirnya kita sudah sampai di port dan perjalanan dilanjutkan pulang menuju Hanoi, sebelumnya kita mampir di Pearl Shop (seperti kebanyakan tour, selalu mampir di tempat cinderamata). End.


Tidak ada komentar: