24 November 2010

PENANG Transportation

Gambar:
Rapid Penang dengan latar belakang KOMTAR (1), KOMTAR Bus Terminal (2), Penang International Airport (3), Swettenham Pier (4), Starcruise dan Ferry fares (5 dan 6), kondisi Bus Rapid yang nyaman dan bersih (7),
dan sewa mobil Van by Tune Hotels (8)


Menjelajahi pulau Penang sangatlah mudah karena pulau ini tersedia moda transportasi umum berupa bus yang disebut Rapid Penang. Biayanya pun tergolong murah dan nyaman, bus fares hanya sekitar RM 1 - RM 4 sesuai jauh dekatnya tujuan. Tanyakan pada sopir bus tujuan Anda dan mereka akan menentukan tarifnya. That so simple :)

Ada trik mudah untuk menghemat biaya transportasi:
☑ Gunakan Hop On Hop Off FREE bus yang melewati rute-rute penting di George Town.
☑ Membeli Pass yang berlaku seminggu seharga RM 30.
☑ Anak dibawah 12 tahun adalah FREE.
☑ Gunakan ferry menuju Butterworth karena FREE, sedangkan arah baliknya harus bayar RM 1,20.


Saat Anda turun di Penang International Airport, didekat pintu keluar lantai bawah terdapat meja informasi Rapid Penang. Jangan lupa untuk mengambil beberapa maps dan maps Rapid Penang cukup penting. Bila temen-temen ingin menggunakan Rapid Penang dari Airport, naiklah ke lantai dua (eskalator ada di sebelah Kenny Rogers). Dari situ carilah pintu keluar, Bus Rapid akan menunggu di ujung jalan.

Rapid Penang ini beroperasi dari jam 6 pagi sampai jam 11.30 malam dan menjelajahi seluruh area pulau.

Ada beberapa terminal di pulau Penang, tetapi jangan binggung semua tujuan pasti berpusat di KOMTAR bus Terminal. Jadi bila Anda ingin bepergian kemanapun, cukup turun di Komtar dan menunggu di lorong tujuannya. Disana terdapat gambar-gambar rute tujuan yang sangat mempermudah kita.

Jangan ragu untuk bertanya pada sopir bus bila Anda tidak paham tentang rute tujuan, biasanya mereka dengan senang hati memberi tahu!!!

Selain Bus Rapid, di Penang juga terdapat Taxi yang banyak berkeliaran di jalan-jalan utama. Tetapi saya belum pernah mencoba armada ini karena pasti jauh lebih mahal.

Transportasi tradisional seperti becak juga banyak terdapat di pusat kota George Town, mereka biasa menyebutnya trisaw!! Gunakan armada ini untuk menikmati George Town, semacam Trisaw Tour :)

Transportasi laut juga banyak beroperasi di pulau ini dengan beberapa tujuan seperti Medan-Indonesia dan Langkawi-Malaysia. Untuk transportasi laut berpusat di Swettenham Pier disebelah Tanjong Marina Pier, termasuk Star Cruise Picese juga berlabuh di sini.

Bila Anda ingin sedikit private, bisa menyewa van atau sepeda motor. Biaya sewa Sepeda motor di lobby hotel Tune tempat saya menginap menawarkan RM 30 per hari. Kalau sewa van berisi sekitar 8 orang sekitar RM 300, jangan lupa untuk menawar!!!

Tidak ada komentar: