28 September 2010

Transportation in Macao

gambar: Macao International Airport

Waaaah, senangnya saat baru mendarat di Macao International Airport meskipun saat itu gerimis sedang turun. Saya langsung ambil Blackberry buat potret sana-potret sini sampai ada petugas yang menegur, uppssss sorry....

Persis jam 4 waktu setempat, kita landing dan ternyata oh ternyata tidak ada aerobridge :( yah memang airportnya ngak terlalu besar juga. Begitu masuk ruang kedatangan langsung di terima jejeran petugas imigrasi (sempet nyolong moto juga, hehehehe)

Setelah selesai berurusan dengan bagasi, kita keluar... ternyata banyak orang yang lagi tuker Pataca di satu-satunya money changer di situ. Yah, iseng-iseng saya juga tuker pake USD keluaran 1996 yang ngak laku di Indonesia :p lumayan lah bisa nukerin USD 65 buat makan ntar malem....


Begitu selesai semua urusan, mulai cari-cari shuttle bus ke Taipa Square Hotel tempat kita menginap selama di Macao. Ternyata ngak ada satupun shuttle bus menuju Taipa Square, kalau shuttle bus The Venetian buanyaaaaaaaak :( Akhirnya kita milih naik taxi saja, saya sempet bertanya di petugas peron kalau ini adalah taxi pakai meter dan dia mengiyakan.

Oke lah kepikiran juga toh hotelnya deket, pasti murah saja. Begitu kita minta diantar ke Taipa Square Hotel ke sopir taxi ternyata dia tidak tau, dan saya disodori buku daftar-daftar hotel. Untungnya ketemu deeeeh...

Sampai di Taipa Square hanya sekitar 10 menit saja dari airport, dan tagihan hanya 31 pataca (ya kan murah). Eh, sialnya begitu saya kasih uang 100 dia hanya mengembalikan 20 saja, hah!!!! Ngak tau dengan bahasa China yang ngak saya ngerti dia ngomel-ngomel ato ngedumel.... Mampus dah, yah udah lah!! ngalah!!

Begitu selesai check-in, kita buru-buru menuju Venetian. Kali ini kepikiran mau pakai Bus saja, upsss tapi cuaca tidak bersahabat... ujaaaan ngak berenti!! Pilihan jatuh ke Taxi lagi (takut juga pengalaman taxi tadi sore), ternyata Venetian deket banget hanya 20 pataca dan sopirnya tidak minta lebih :)

Besoknya saya sengaja minta kartu nama hotel untuk jaga-jaga nunjukin ke sopir taxi kalau mereka ngak tau. Kali ini tujuannya ke Macao island (Macao Tower dan Sanado Square), ah saya coba shuttle bus gratis aja dari hotel menuju Macao Harbour dan dari sana bisa nebeng lagi pake shuttle bus Grand Lisboa yang deket dengan Sanado Square.

Ah, lumayan perjalanan ke Sanado Square gratisan... hehehe... dari Grand Lisboa sendiri cukup jalan kaki sekitar 15 menit menuju Sanado Square. Pulangnya karena sudah malam dan anak-anak sudah capek habis keliling seharian, akhirnya kita pilih Taxi lagi untuk balik ke Hotel. Sebenernya tadi di Halte bus deket Sanado Square saya melihat Bus No. 33 menuju Taipa!!

Saran buat temen-temen yang pingin perjalanan irit di Macao, pakailah shuttle bus yang begitu buanyaaaak disana. Hampir setiap Hotel dan Casino selalu punya shuttle bus yang rutenya Macao Harbour atau Macao Airport. Dan untuk signseeing di Macao cukuplah dengan berjalan kaki, karena memang kotanya tidaklah terlalu besar.

Dan untuk transport menuju luar macao bisa menggunakan speedboat dengan beberapa rute kota-kota di China daratan maupun ke Hong Kong. Speedboat ke Hong Kong Harbour dengan menggunakan Jet Star dengan rate HKD 147.

Tidak ada komentar: