Banyaknya spot-spot cantik di Hong Kong tidak mengurangi negri ini untuk menambah kecantikannya dan memberi kenyamanan bagi wisatawan. Salah satunya adalah theme park, OCEAN PARK yang menjadi satu-satunya theme park sejak 1977 sampai di penghujung 2005 dibuka DISNEYLAND.



Lima tahun kehadiran Disneyland tidak membuat Ocean Park ditinggalkan pengunjungnya, malahan semakin mempercantik diri dengan menambah wahana-wahana baru dan merenovasi yang lama hingga nampak menjadi baru. Dari segi harga tiket masuk memang Disneyland mematok HKD 100 lebih mahal daripada Ocean Park. Dan selain itu Ocean Park lebih diuntungkan dari segi lokasi yang berada di selatan Hong Kong island, sedang Disneyland berada di Lantau island yang berada di sisi barat. Tapi tidak perlu khawatir karena MTR membuka jalur khusus ke Disneyland dari Sunny Bay ☺ dan sangat mudah untuk menuju kesana.

Untuk menikmati wahana di tiap theme park diperlukan waktu seharian penuh, apalagi di tiap theme park memiliki schedule pertunjukan. Seperti pertunjukan dolphin dan seal di Ocean Park atau Parade and Fireworks Times, Stage Show, Character Greeting Times dan Special Hours di Disneylands. Apalagi kalau high season dengan pengunjung yang berjibun belum lagi antrian panjang di setiap wahana :)


OCEAN PARK
Menuju ke sana dapat menggunakan Bus #629 dari Admiralty atau cara termudah dengan menggunakan Taxi hanya sekitar HKD 50.
Opening hour: Monday - Saturday from 10 AM to 06 PM
Entrance Fares: HKD 250 (adults) dan HKD 150 (child), bisa lebih murah bila beli di beberapa travel agent atau tanyakan di concierge hotel.



Wahana-wahana yang bisa dinikmati, attraction and show :
Giant Panda Habitat
☑ Chinesse Village
☑ Cable car
☑ Pasific Pier: koleksi anjing laut
☑ pertunjukan Dolphin di Ocean Theater
Chinese Sturgeon Aquarium
☑ wahana permainan

Karena Ocean Park sudah tutup jam 6 sore, maka sebaiknya kita mulai pagi menuju kesana. Ocean park sendiri terdiri dari dua tempat yang terpisah oleh bukit, the waterfront main entrance dan the summit tai shue wan entrance. Menuju ke balik bukit bisa menggunakan cable car dan menikmati pemandangan laut lepas di sebelah selatan Hong Kong island. Dan arah baliknya menggunakan MTR yang disebut Ocean Express.



Dari main entrance kita bisa menikmati Panda habitat, Panda Adventure, Baloon up and away serta beberapa wahana permainan. Sayangnya karena keterbatasan waktu saya dan rombongan hanya menikmati si An An di Panda habitat :( dan pertunjukan di Sky Fair.

Selanjutnya dengan menggunakan cable car yang agak serem menurut saya karena keretanya yang kecil hanya berisi maksimal 6 orang saja, dengan kabelnya yang kecil serasa ringkih sekali. Beda banget dengan cable car di Ngong Ping, dengan kereta yang muat sampai 10 orang lebih dan dua kabel gede yang mengelantung antara satu tower dengan tower yang lain. Serasa lebih AMAN :)



The Summit
, pertama kita bisa menikmati view dari top dengan menggunakan Ocean Park Tower kemudian mengamati tingkah lucu anjing laut di Pier Pasific. Jangan ketinggalan pertunjukan dolphin dan seal di Ocean theater yang dilanjutkan dengan menikmati ribuan spesies mahluk air di Chinese Sturgeon Aquarium.

Lagi-lagi karena keterbatasan waktu kita hanya bisa menikmati wahana Ferris Wheel dan Flying Swing :( Untuk urusan perut jangan khawatir karena disana banyak kios-kios penjual makanan, walaupun harganya lebih mahal dari pada di luar. Terakhir, Jangan lupa untuk shopping di beberapa toko sovenir, dijamin harganya lebih murah daripada di Disneyland :)

Untuk informasi jelasnya bisa buka website Ocean Park.

DISNEYLAND
Menuju kesana paling mudah dengan menggunakan MTR interchange di Sunny Bay, dari sana kita akan menggunakan MTR khusus menuju Disneyland dengan gerbong kereta yang thematic banget ☺ jendela-jendela berupa molding kepala Mickey Mouse.
Opening hour: 10.00 AM - 11.00 PM see calendar Entrance Fares: HKD 350 (adults) dan HKD 250 (child)

Wahana-wahana yang bisa dinikmati:
☑ kereta api
boat
4D movie
Spectaculer Musical Show
Castle ☑ shopping Disney Merchant
☑ Parade ☑ firework

Seperti halnya di Ocean Park, Disneyland juga melakukan pembagian area yang dibagi menjadi 4 yaitu Main street USA (main entrance), Adventureland, Fantasyland dan Tommorowland. Masing-masiang area memiliki keunikan sendiri-sendiri seperti yang terdapat di peta Disneyland.



Pertama kita mengantri untuk foto bareng Mickey dan Minnie Mouse di gasebo meet the character. Selanjutnya menikmati Seluruh bagian Disneyland dengan menggunakan kereta Hongkong Disneyland Railroad. Disini kita berputar mengitari seluruh bagian Disneyland, dan berhenti di stasiun yang berada di Fantasyland.

Di Fantasyland bisa menikmati beberapa wahana permainan, seperti The many adventure of Winnie the Pooh dan Mickey Philharmagic yaitu pertunjukan 4D. Pertunjukan lainnya yang harus ditonton adalah "it's a small world" dan ☑ The Golden Mickeys, spektakuler pertujukan musikal.



Acara shopping tetep ya :) membeli beberapa sovenir khas Disneyland bahkan harga mainan disini jauh lebih murah daripada diluaran!! Untuk princess-princess kecil, belilah buku album photo yang dijual di beberapa kios sovenir yang bisa diisi dengan tanda tangan langsung dari princess maupun Disney character yang lain. Hal yang paling mengesankan adalah Disney on Parade yang akan mulai jam 8 malam di sepanjang jalan serta pertunjukan fireworks sebagai penutupan pada jam 9 malam.




#dari orang yang belum puas menjelajah Disneyland :(