7 Februari 2014

HONG KONG: tips dan trik perjalanan mudah dan gampang

Saya bukan expert di bidang traveling tetapi akan saya coba sharing tips dan trik ini berdasarkan pengalaman pribadi :) Hong Kong, negara kota dengan ratusan gedung pencakar langitnya dan pulau-pulau yang penuh dengan atraksi seru. Tidak hanya menyajikan surga belanja dan wisata kuliner tetapi juga petualangan menyenangkan seperti hiking dan cruising. Berikut beberapa Tips dan Trik perjalanan mudah dan gampang ke Hong Kong (perjalanan pribadi tanpa tour)
Western Market Tram terminus. Photo by Me. Water Color by Christian Ticualo.

Antrian di Peak Tram bisa sampai 1 jam lebih kalau saat peak season.

Transportasi
Menuju Hong Kong paling mudah dari Indonesia adalah dengan menggunakan pesawat terbang (tentunya) dan sekarang banyak budget airlines yang menawarkan penerbangan murah menuju Hong Kong. Contoh kemarin saya mendapat promo 1.8jt per orang dari Mandala Airlines, pembelian di pertengahan Oktober untuk penerbangan akhir Desember. Untuk harga normal dari Surabaya ke Hongkong PP adalah 3.5jt.

Nah, untuk transportasi di HK ada banyak pilihan masstransport: MTR (kereta bawah tanah), Bus, Ferry, Tram (hanya di pulau Hong Kong), Taxi. Bila Anda punya waktu sekitar 5 hari, sebaiknya beli Octopus Card yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran MTR, bus, Ferry dan tram, sehingga memudahkan kita. Kartu ini juga berlaku untuk pembelian di beberapa jaringan store seperti Circle K dan 7 Eleven.

Manakah transportasi termurah?
Tergantung!! Bila Anda pergi sendiri, tentunya lebih murah menggunakan Tram/Bus/Ferry (HKD 2 sekali jalan, untuk Bus/Ferry sesuai jarak) atau  MTR berada diurutan berikutnya (HKD 3 atau sesuai jarak). Dan bila perginya berkelompok (4-5 orang) Taxi adalah pilihan termudah dan termasuk murah.
Contoh: biaya Bus dari HKIA ke Wanchai (HK island) HKD 40, sedangkan biaya airport link dari HKIA menuju Centrak adalah HKD 100 per orang. Taxi dengan maksimum 5 orang adalah HKD 300 langsung sampai tujuan. Selisih biaya tersebut tentunya perlu di pertimbangkan tentang jarak dan kemudahannya.

Saran saya: cobalah semua transport di HK karena memang memberikan sesuatu yang berbeda. Contoh kalau mau ke Victoria Peak, gunakan tram menuju ke atas dan gunakan bus saat pulangnya. Apalagi bila hi season, biasanya antri tram sampai 1 jam lebih.

Akomodasi
Untuk penginapan sesuaikan dengan budget Anda, memang, ukuran hotel di Hong Kong cukup mahal. Hotel bintang 3 setara sekitar 1jt rupiah per malam itu pun kadang room only tanpa breakfast. Tapi jangan berkecil hati, di Hong Kong juga terdapat penginapan murah sebangsa hostel  berkisar di harga 200.000 per orang per malam. Hostel seperti ini banyak terdapat di daerah Tsim Sa Tsui, di sepanjang Nathan road dan daerah Mongkok. Keduanya merupakan daerah ramai yang penuh dengan pusat perbelanjaan dan wisata kuliner di Kowloon Island.

Untuk tinggal di Hostel memang tidak senyaman di Hotel, ada beberapa peraturan yang perlu diketahui. Karena lokasi hostel yang biasanya adalah flat penduduk lokal maka ada jam malam, setelah jam 12 biasanya tamu wajib lapor. Untuk kebersihannya memang kita perlu membaca review dari orang-orang yang pernah tinggal.

Selain Hotel dan Hostel, pilihan lainnya adalah Apartemen. Ini cocok bagi wisatawan yang pergi berkelompok. Dan biasanya untuk Apartemen sistim sewanya langsung ke pemilik dan Anda harus pandai memilih lokasinya, kebanyakan apartemen terletak cukup jauh dari MTR station ataupun halte bus.

Hong Kong Symphony of Light, salah satu atraksi GRATIS

Ma Wan Bridge, pemandangan dari Noah Ark

Chi Lin Nunnery and Nan Liang Garden ini juga GRATIS

Wisata Murah Hong Kong
Hong Kong memiliki puluhan taman GRATIS yang tersebar di penjuru kota, berikut beberapa taman yang cukup menarik untuk disinggahi:
  • Hong Kong Botanical dan Zoological Garden
  • Hong Kong Garden
  • Tamar Park
  • Victoria Park
  • Chi Lin Nunnery dan Nan Lian Garden
  • Kowloon Park
Selain itu ada pula yang berbayar, seperti:
Sebaiknya mengunjungi  Disneyland atau Ocean Park bila punya budget yang terbatas?
Saya jawab OCEAN PARK karena taman ini menyajikan the real Hong Kong, selain biaya masuk yang tergolong masih murah (sekitar HKD 300 untuk dewasa sedangkan Disneyland HKD 450) disini sudah lengkap menyajikan keindahan pesisir selatan pulau Hong Kong. Mulai dari Panda Observatorium, pertunjukan Lumba Lumba, Aquarium anjing laut, Aquarium ikan 4 tingkat (ini yang sangat menarik), wahana permainan juga banyak, pemandangan laut lepas dari atas bukit. Luangkan waktu seharian untuk mengexplore Ocean Park. 

Wisata lainnya yang tergolong murah adalah Pantai, jangan dikira Hong Kong tidak memiliki pantai yang cantik. Stanley Beach salah satunya dan ini beberapa daftar pantai cantik di Hong Kong (klik).

 Taman gratis, sudah. Pantai gratis, sudah. Satu lagi yang mungkin bisa Anda coba adalah dengan ber-hiking, Hong Kong yang memiliki beberapa pulau besar kecil ini memang memiliki kontur perbukitan. Dan cukup mudah bagi pengemar petualangan untuk memulai perjalanannya. Berikut beberapa tempat yang bisa dijadikan start awal petualangan Anda.

Belanja, tentunya ngak afdol kalau acara belanja di skip. Hong Kong yang merupakan salah satu kiblat mode di Asia memiliki pusat perbelanjaan yang dipenuhi merek merek fashion dunia. Dan sekarang ini banyak wisatawan dari China daratan yang sering berbelanja di butik butik ternama tersebut. Namun, Hong Kong juga memiliki Nite market dan Traditional Market yang cukup terkenal bagi wisatawan asing: Ladies Market di Mongkok, Stanley Market, Temple Street dan masih banyak lainnya.

Wisata Culture, adalah salah satu yang paling saya suka. Menjelajahi situs-situs dan bangunan kuno adalah salah satu hobby saya di pagi hari sebelum sarapan. Hampir semua situs budaya terdapat di daerah Central Hong Kong dan Kowloon, mulailah dengan melompat ke atas tram dan duduk diatas paling depan, hanya dengan HKD 2 Anda sudah bisa menjelajah pulau Hong Kong dari Kennedy Terminus diujung barat sampai Chai Wan di ujung timur. Murah bukan. Kemudian turun di Pedder Street (27E) dan mulailah menjelajah situs situs itu dari Mid Level Escalator.

let's discover HK!!

For any Question please text at TWITTER @travelwithsugi



Tidak ada komentar: