6 Februari 2014

Hong Kong: Tiket Murah dan Hotel Mahal

anak-anak terhibur dengan permainan di Disneyland
Botanical and Zoological garden, salah satu taman yang gratisan

inilah HongKong dengan gedung pencakar langit dilihat dari terrace peak


suasana Natal di Disneyland mirip kayak di Eropa dengan hujan salju (buatan)

Kali ini adalah kali ketiga saya menjajakan kaki di Hong Kong, tentunya dengan suasana yang berbeda dan dengan orang-orang yang beda pula. Tapi tetap ini kepergian bersama keluarga yang mungkin membuat suasana berbeda adalah malam pergantian tahun ke 2014.

Transportasi
Sebenarnya kepergian ke HK kali ini  tidak sepenuhnya dalam rencana, di satu sisi anak-anak pengen kembali ke Disneyland setelah nonton MU (Monster University) di Disney Channel. Di sisi lain kita juga ngak punya rencana apa-apa untuk malam pergantian tahun, biasanya juga ke Bali lagi dan lagi dan lagi.

Akhir September lalu, Mandala Airlines punya promo seharga 2.8jt untuk tiket PP SUB HKG dengan transit CGK dan SIN. Murah sih, tapi mikirnya kelamaan karena kudu transit sana sini. Kalau perginya sendiri sih ngak masalah, lah ini barengan rombongan sirkus :) Ternyata kegagalan tadi malah bikin berkah, di pertengahan Oktober tepatnya sehari setelah perayaan ultahku (inget banget itu tgl 18 Okt) lagi-lagi Mandala Airlines buka promo SUB HKG direct TANPA transit seharga 3.6jt returns (penerbangan mulai 15 Desember 2013). Yang surprise lagi Citibank kasi buy 1 get 1 free jadi kalo di itung cuman 1.8jt per orang. Gak pake mikir kelamaan lagi, langsung nyaut 10 seat. DONE!!

Note: Dua minggu lalu, saya baru baca email pemberitahuan dari Tiger Airlines (Mandala Airlines) bahwa rute SUB HKG ditutup sementara mulai Maret 2014 termasuk rute SUB BKK, sayang sekali. Mudah-mudahan penutupan ini hanya sementara.

Akomodasi
Nah, ini yang bikin rada sepaneng cari sana sini karena melemahnya nilai tukar Rupiah (=1.585/HKD) jadinya bikin harga hotel-hotel pun melambung tinggi. Sebenernya saya paling anti kalau disuruh booking hotel yang sama, karena memang pengennya nyoba-nyoba hotel yang baru biar banyak referensi juga. Ini hotel Empire Wanchai yang pernah kita tinggali di tahun 2010 seharga 1.1jt (libur Lebaran), nah sekarang kita kudu kluar kocek hampir 2 kali lipatnya yaitu 1.95jt (libur akhir tahun). Akhirnya pilihan tetep pada hotel ini, secara dibanding-bandingkan dengan hotel yang lainnya tetep lebih juara (pertimbangannya lokasi dan harga). DONE DONE !!!

Itinerary
Setelah transport dan akomodasi selesai, mulai merancang jadwal, seperti kebiasaan sebelumnya bikin jadwal layaknya tour agent :)
Kali ini pengennya ke tempat yang belum pernah disinggahi: Ma Wan Island, Nan Lian Garden, Mongkok, Botanical Garden, Mid Level Escalator dan Central Hongkong.
Juga beberapa tempat yang menjadi favorit kita: Hong Kong Peak, Causeway Bay, Victoria Harbour, dan tentunya Disneyland.

Kalau di pikir memang menjelajahi Hong Kong tidak ada matinya, maksud saya cocok bagi semua traveler. Yang doyan shoping jelas ini tempatnya, surga dunia belanja (dari pada Singapore) ini pendapat pribadi loh. Nah, yang doyan kuliner, ini juga surganya! Mau makanan kelas ngemper sampai yang bintang 5 tersedia, jelas jenis makanan lebih ke Chinese Food. Adventure, jangan dibilang HK bukan surganya karena begitu banyak bukit dan pulau-pulau yang bisa dijadikan tempat hiking. What a wonderful world.

Tip/Trik menjelajah HK dengan mudah dan murah

Tidak ada komentar: