17 April 2014

IMIGRASI: pembuatan paspor semakin lancar

got a new one


Hari ini saya pergi ke kantor imigrasi Surabaya yang berlokasi di daerah Waru, deket sih dari rumah. Seperti hari-hari biasanya kalau pas lewat kantor imigrasi tiap jam 7 pagi, parkirannya sudah penuh. Walaupun ini kali kedunya saya mengurus perpanjangan paspor melalui website http://www.imigrasi.go.id/ tetapi ada perbedaannya dengan yang dahulu, sebakin baik dan semakin teratur.

7 April
Melalui website resmi imigrasi indonesia, saya berhasil melakukan registrasi. Caranya cukup mudah (1) buka laman www.imigrasi.go.id kemudian klik 'layanan paspor online" dan isi data-data yang diperlukan; (2) siapkan scan copy surat-surat yang dibutuhkan: paspor lama, KTP, KSK, akta lahir, SKBRI, surat nikah (sesuai kebutuhan); (3) setelah menerima konfirmasi email, cetak dan bayar langsung ke BNI terdekat. Biayanya 255.000 + 5000. (4) setelah mendapat nomor registrasi bank, klik link yang telah diberi di email tadi dan masukkan nomornya, kemudian print out.

17 April
Karena saya memilih tanggal 17 seperti yang ada di link, maka saya datang hari ini dan masih berlaku sampai 5 hari kerja kedepan. Artinya setelah 5 hari kerja makan registrasi ini akan hangus dan kita harus mulai dari awal.

Jam 8.00 pagi saya sudah sampai di kantor imigrasi kemudian pergi ke pos informasi yang ada di depan, oleh bapak petugas di beri map dan formulir (gratis). Kemudain ambil nomor antrian di mesin dekat loket 2 dengan men-scan barcode yang ada di prin out registrasi. Oya, sebelumnya siapkan foto copy semua berkas yang terlampir. Untuk anak-anak lampirkan juga copy KTP kedua orang tua.

11.00 semua tahapan sudah selesai, beruntung hari ini semuanya sudah saya siapkan dengan lengkap walaupun tadi KTP istri ketinggalan (akhirnya cetak di parkiran sepeda motor di luar kantor imigrasi). Dan, tinggal menunggu tiga hari keja kedepan untuk ambil paspornya.

Pengambilan paspor berada diloket depan setelah pintu gerbang, tadi cukup rame yang antri dan uyel-uyelan seperti biasa :)

Tidak ada komentar: