14 November 2012

Sekilas BERASTAGI

Berastagi....

Kota yang terletak di dataran tinggi ini layaknya kota Batu di Jawa Timur, 2 jam perjalanan berlika-liku dari kota Medan; melewati kota Sibolangit yang sudah memasuki daerah pegunungan. Diapit oleh dua gunung: Sibayak dan Sinabung yang keduanya masih aktif. (wikipedia)

Kami sempat bermalam di Berastagi; Mikie Holiday resort, dan bukan pilihan yang salah untuk sehari tinggal di kota ini. Walaupun hanya untuk bersantai atau menemani anak-anak bermain, menyenangkan.

Wisata apa saja yang sempat kami singgahi??

TAMAN ALAM LUMBINI
Salah satu spot menarik yang sangat layak untuk di singgahi adalah Taman Alam Lumbini; merupakan tempat ibadah umat Budha. Bangunan yang berbentuk lonceng berwarna emas menjadi eye catching tersendiri. Serasa kita berada di Thailand atau negara-negara Indo China.

Untuk masuk di tempat ini tidak perlu bayar; FREE, tetapi kita perlu lapor dulu di pos jaga. Bila ingin memasuki bangunan ada peraturan untuk melepas alas kaki. Menarik sekali. Banyak pula kupu-kupu besar yang hinggap di bangunan karena memang berlokasi di tengah-tengah perkebunan.

Untuk mencapai tempat ini memang sedikit susah, saya aja sempat terlewat walau sudah kelihatan kucup bangunannya.

International Buddhist Center
Taman Alam Lumbini
Jl. Pertanian/Pagoda (arah ke Barus Jahe Jl. Tongkoh)
Desa Dolat Rayat – Berastagi
Sumatera Utara – Indonesia
Tel: (62) 61 7756 8999, (+62) 852 9724 0099
Website: www.tamanalamlumbini.org
Email: info[at]tamanalamlumbini[dot]org

Secretariat:
Jl. Selam (Komp. Selam Indah) No. 23-L
Medan – Sumatera Utara – Indonesia
Tel./Fax. (+62) 61 736 9908


MIKIE HOLIDAY FUNPARK
Tempat wisata kedua adalah Mikie Holiday Funpark, karena ini merupakan family trip dengan anak-anak dibawah 10 tahun pula; jadi sangat cocok untuk singgah di tempat ini. Dari namanya "funpark" sudah pastiu ketauan dong tempat apaan ini, ya themepark yang banyak permainan anak-anaknya: mulai dari roller coaster,  giant wheel, sampai games anak-anak.



Disini dilengkapi pula dengan beberapa restaurant: International Food, Japanese Food dengan harga yang wajar (rata-rata 30 ribu per porsi). Lokasi restauran yang ada diatas bukit menambah nilai plus.

BUKIT GUNDALING
Cukup mudah untuk mencapai Bukit Gundaling, hanya sekitar 5KM dari kota Berastagi. Disini kita bisa bersantai sambil mengelar tikar dan menyantap snack yang sudah kita bawa dari rumah. di sisi kanan dan kiri pemandangan Gunung Sibayak dan Sinabung cukup terlihat dengan jelas. Sayangnya tempat ini kurang terawat masih banyak sampah dimana-mana.



PASAR BERASTAGI
Untuk beli oleh-oleh cukup singgah di pasar sepulang darri bukit Gundaling; arahnya sama. Banyak penjual pakaian, buah-buahan, dan pernak-pernik oleh-oleh khas setempat. Harga-harga disini cukup terjangkau, untuk sweter dibandrol 50-60 ribu.

AIR TERJUN SIPISO PISO
Satu obyek yang paling terkenal dan harus di kunjungi adalah air terjun Sipiso Piso, lokasinya sekitar 1 jam dari Berastagi. Disini kita bisa menikmati air terjun dari dataran tinggi Karo yang tinggi banget, selain itu juga bisa melihat view danau Toba.


Tidak ada komentar: