1 Desember 2010

PENANG with a dozen Temple



Temple, di sana ada yang menyebutnya dengan Wat (Burmese) atau Kongsi. Saya sendiri belum paham tentang perbedaan penyebutan tadi, cuman saya fikir itu pasti sebutan dari masing-masing negara. Dan yang terpenting adalah keindahan bangunan temple-temple tersebut yang dibangun sejak 1700an.


Ada beberapa temple di Penang yang dibangun oleh marga keluarga dari China, mereka menyebutnya KONGSI. Kh0o Kongsi merupakan temple yang terkenal, dimiliki oleh keluarga Khoo. Terletak di pusat kota George Town. Dan merupakan bagunan yang paling indah menurut saya, pastinya juga disetujui oleh pembuat film Anna and The King yang mengambil tempat ini sebagai setting filmnya.



Di George Town sendiri ada 5 kongsi dan 2 Tong yaitu Khoo Kongsi, Cheah Kongsi, Lim Kongsi, Yeoh Kongsi, Tan Kongsi, Toon Keng Tong dan Boon San Tong. Dari ketujuh tempat tersebut ada yang tidak dikomersiilkan, sedangkan Khoo Kongsi yang sudah memiliki nama harus menarik fee entrance sebesar RM10. Untuk Kongsi yang lain bisa masuk dengan free. Saya Sendiri hanya berkesempatan untuk menikmati Khoo Kongsi dan Cheah Kongsi saja karena memang berdekatan.

Di jalan Burmah terdapat tiga Buddhist Temple yaitu Dhammikarama Burmese Buddhist Temple dan Wat Chaiyamangalaran Thai Buddhist Temple yang terletak di Pulau tikus. Satu lagi Buppharam Buddhist Temple yang letaknya agak jauh dari kedua temple diatas. Dari ketiga temple tersebut memiliki bangunan temple khas Thailand yang banyak saya lihat di Bangkok, bahkan reclining Buddha yang mirip ada disini.


Berikutnya kita pergi agak jauh di daerah Ayer Itam, disini terdapat kompleks Kek Lok Si Temple yang terletak di kaki bukit Penang Hill. Dibagun pada tahun 1930 dan pada 2002 pembuatan patung Perunggu Dewi Kwan Im setinggi 30 meter sudah selesai. Saat saya kemarin ke sana Patung Dewi Kwan Im masih direnovasi untuk pembuatan rumahnya.

Kek Lok Si Temple memiliki beberapa tempat sembahyang, mulai dari Pagoda dan beberapa patung Budha dan Dewi Kwan Im. Untuk menuju patung Dewi Kwan Im ada cara singkat dan mudah, disana tersedia lift mirip mini tram yang ditarik keatas dan kita harus bayar RM 2 sekali jalan. Bila tidak mau menggunakan lift ini, bisa dengan berjalan kaki melewati jalan mobil.

Dari atas sini selain mendapat indahnya pemandangan temple ini, kita juga bisa menikmati pulau Penang dari ketinggian. Sedikit terbayar karena kita tidak bisa menuju Penang Hill dikarenakan masih ada maintenance untuk tramnya.

India Temple juga menyebar di pulau Penang, saya sempat melihat salah satunya di Little India yaitu Mahamariamman Temple. Sedangkan dua lainnya saya lihat di jalan Dato Keramat disekitaran Time Square.


Satu lagi temple yang agak jauh di daerah Bayan Lepas yaitu Snake Temple, saya tidak berkesempatan untuk mengunjungi temple ini tetapi sempat melewati saat menuju Airport. Lokasi temple ini memang dekat sekali dengan Penang International Airport, dan sangat ramai pengunjung.


Happy Birthday to my Mom, loves you!!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wow keren poto-potonya ...

gie's mengatakan...

thanks :)