Laman

28 Desember 2010

ada apa di Ubud??

Ubud....

Satu kota atau tepatnya desa seni di utara Denpasar, lokasi dimana pembuatan film "Eat Pray Love" yang dibintangi Julia Robert dibuat. Untuk menuju ke Ubud hanya diperlukan waktu sekitar 40-60 menit perjalanan dengan mobil dari Denpasar.
Sebenarnya kali ini saya memilih Ubud untuk tinggal bukan tanpa alasan, mungkin yang pertama adalah makanannya!! Ya, beberapa kali mengunjungi Ubud (tanpa bermalam) adalah menikmati beberapa makanan yang memang juara-juara. Sebut saja warung Naughty Nuri's, Gaya Gelato, Bebek Bengil dan beberapa tempat makan yang memang sudah terkenal. Bayangkan saja pelanggan warung tersebut rela antri hanya demi menikmati makanan yang ditawarkan apalagi saat jam-jam makan. Pengalaman kemarin, saya sempet ngantri di Warung Nuri's selama sejam dan belum dapat meja. Karena sistimnya tanpa nomor, ada pelanggan yang main serobot jadi rada dongkol juga. Akhirnya saya pilih untuk kembali jam 5 sore saat kondisi sepi, oh ternyata walau jam lima sore warung ini tetep rame walau tidak full. TIPS: pilih ke tempat ini saat bukan jam makan!!

Akhirnya kali ini kita berkesempatan untuk stay di Ubud, kebayang jalan-jalan di tepian sawah atau bermain dengan kera di Monkey forest dan tentunya wisata kuliner. Mulailah browsing-browsing hotel, karena yang saya tau kebanyakan middle hotel disini bergaya khas Bali. Ada beberapa pilihan seperti Hotel Camplung Sari, Yulia Inn, Tjampuhan dan terakhir saya dapat The Sunti Villa and resort. Hotel terakhir yang saya sebut memiliki dua tipe kamar, dan yang baru berdisain modern minimalis sesuai keinginan kita. Sayangnya hotel ini memang agak jauh dari pusat kota Pasar seni, tapi menurut komen di trip advisor dan Agoda cukup mengoda!! :)

WISATA KULINER

Ubud memang tempatnya wisata kuliner, disini terdapat ratusan warung dan resto yang menyajikan berbagai jenis makanan. Mulai dari Balinese Food, Italian Food, Chinese Food, Indian Food, Mexican Food yang semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa tempat yang sempat saya kunjungi kemarin adalah:

GAYA Gelato
Jl. Raya Sayan, Ubud Bali, Indonesia 80571
Phone: +62 (0) 361 979252 / 979253

Fax: +62 (0) 361 975895
Email: gelato@gayafusion.com
Ini adalah kali ke tiga saya mampir ke Gaya Gelato dan tidak pernah ketinggalan dalam list untuk mengunjungi tempat ini. Rasa gelato yang khas dan original serta tempat yang unik dan natural membawa kita semakin nyaman. Mereka mematok harga 20 ribu untuk satu scoop dan 30 ribu untuk dua scoop. Oya, jangan lupa untuk cobain kue-kue kering yang ditawarkan di meja kasir!

Pizza BAGUS delivery and cafe

Jl. Raya Pengosekan
80571 Ubud Bali

Tlp. 978520
Sebenernya secara tidak sengaja saya menemukan cafe ini, karena letaknya yang tidak jauh dari tempat kita menginap. Awalnya agak ragu karena saat itu kondisi cafe memang lagi sepi, hanya dua meja yang terisi. Tetapi karena sudah malas untuk cari makan lagi kita putusin masuk saja, anak-anak juga setuju!!
Ah, tidak salah ternyata masuk tempat ini. Good Food Best Price, thats how I describe!!
Range harga Pizza dan pasta hanya 30-40 ribu untuk ukuran regular 6 slice, rekomendasi Margaritha pizza dan Bagus Pizza. Caesar Salad juga jadi pilihan pembuka yang bagus.
Selain menawarkan Italian Food, mereka punya beberapa menu standar seperti nasi goreng dan mie goreng. Kita sempat memesan Bihun goreng dan rasanya juga tidak kalah yahuuud...
RECOMMENDED!!
Mereka juga punya toko kecil yang menjual beberapa macam keju dan bahan-bahan untuk pembuatan Italian food.

Warung naughty Nuri's
Nacho Mama Grill
Jalan Sanggingan, seberang Museum Neka - Ubud
Tel. 0361 - 977547
Kedua tempat ini adalah satu pemilik dan lokasinya juga berdekatan hanya beda beberapa rumah saja. Mereka menawarkan maskan mexico seperti Nachos dan BBQ, ribs merupakan menu yang paling banyak dipesan! Range harga main course adalah 50-100 ribu, sedangkan untuk salad dan soup di bandrol 30 ribuan.

Warung babi Guling Bu Oka
Jalan Suweta, seberang Puri Agung - Ubud
Phone: 0361 - 97 6345

Terus terang baru kali ini saya berkesempatan menikmati babi guling di warung bu Oka, dan merasa menyesal kenapa tidak dari dulu mencicipinnya :) Mereka punya babi guling paling juara, dagingnya tidak berlemak dan kulitnya krispi banget. Bumbunya pun tidak terlalu kuat, sedang sambalnya yang bikin ngiler sambil kepedesan.
Warung bu Oka buka mulai jam 11 pagi dan sudah banyak yang antri dari pagi, tidak salah memang kalau mereka rela antri! Bahkan saat ini warung bu Oka membuka 2 tempat lagi.

Gelato Secret
Jalan Monkey Forest Ubud
Email: contact@gelatosecrets.com
Lokasinya bagus di dekat Art Market Ubud dan dikelilingi butik-butik serta reto-resto yang banyak bertebaran di sepanjang jalan Monkey Forest. Mereka menawarkan beberapa rasa gelato mulai dari yang standar seperti coklat sampai rasa yang rada aneh seperti gum (permen karet). Harga yang harus dibayar per satu scoop adalah 20 ribu dan 35 ribu untuk dua scoop. Jika dibandingkan dengan Gaya Gelato saya lebih memilih original taste-nya Gaya Gelato :) Sorry...

Lokasi Wisata
Kesempatan saya mengunjungi Ubud selama tiga hari hanya menikmati beberapa pemandangan alam. Pesona Ubud itu....

Monkey Forest
merupakan tempat wisata yang paling populer karena letaknya yang berada di jantung kota Ubud, mereka memiliki Pura di dalamnya dan ribuan kera yang tinggal disana. Monkey Forest sendiri memiliki pesona alam yang indah, selain bangunan Pura disana juga terdapat aliran sungai dan pepohonan yang rindang. Untuk masuk hanya perlu mengerluarkan uang sebesar 20 ribu per dewasa dan 10 ribu per anak.

Museum-Museum

Ubud adalah desa seni sehingga banyak sekali Museum disini, ARMA Museum adalah yang terbesar. Antonio Blanco adalah yang terpopuler dan Neka Museum adalah yang terlama....
Untuk masuk ke masing-masing museum biasanya dikenakan entrance fee sebesar 30-50 ribu.

Padang Lalang

Disini tempat Ubud sebenarnya, mereka memang menjual pemandangan sawah-sawah bak teras. Sungguh cantik memang! Dengan menyewa sepeda ontel adalah ide paling bagus, kita bisa menikmati segarnya alam Ubud serta pemandangannya yang cantik.