1 Oktober 2009

Bali: Lovina Beach, Bedugul, Singaraja






Bali, episode Bali rasanya ga bakalan habis di bicarakan...
Selalu ada spot2 baru setiap taonnya......

Tulisan pertama saya tentang bali adalah Bali Utara, Kota Singaraja yang dulunya ibu kota Propinsi Bali terletak di ujung Utara pulau ini.... Dengan wisata pantainya yaitu Pantai Lovina yang terkenal dengan atraksi Lumba-lumba.

Menuju Bali Utara sangatlah mudah, dari gilimanuk bisa langsung melintasi sepanjang jalan Gillimanuk-Seririt sampai ke Singaraja. Memakan waktu sekitar 1.30 - 2 jam, anda akan di suguhi indahnya pesisir pantai utara pulau Bali.

Bila dari airport Ngurahrai biasanya ada travel agent yg siap membantu, perjalanan melalui Denpasar-Mengwi-Baturiti-Bedugul-Buleleng dan sampailah di Singaraja. Jaraknya memang lebih jauh dan harus melewati perbukitan. Tetapi pemandangannya juga tidak kalah menarik yaitu danau Buyan dan danau Baratan.

Ada beberapa hotel di sepanjang pantai Lovina, saat itu saya di kasih 2 pilihan hotel yaitu hotel Melka Excelsior dan hotel Sunari yg memang bersebelahan. Sedikit cerita ttg kondisi ke dua hotel ini.
(1) hotel Melka Excelsior,
terletak di 10 KM sebelah barat kota Singaraja. Menyuguhkan berbagai macam ataraksi lumba-lumba. Selain lumba-lumba mereka juga memiliki mini zoo, sehingga banyak fasilitas dan kegiatan yg di miliki hotel ini sendiri. Sayangnya hotel ini tidak memiliki pemandangan pantai.
bisa di lihat di:http://www.melkahotelbali.com/
(2) hotel Sunari
persis di sebelah barat hotel Melka Excelsior, dengan mengusung tema bungalow. Hotel ini memiliki fasilitas kolam renang yang berhadapan langsung dengan pantai.
bisa di lihat di: http://www.sunari.com/
Saat itu rombongan kami memilih stay 2 hari di hotel Sunari.

Hari pertama kita memilih menikmati sajian ikan bakar di tepi pantai Lovina, dari segi taste cukup bagus karena ikan-ikan tampak segar dan kelihatan baru di tangkap oleh nelayan. Harga pun juga tidak semahal di Jimbaran.

Hari kedua, pagi2 sekali sekitar jam 4.30 kami bersiap2 menuju boat yang telah kita booking sore kemarin. pagi ini kita akan melihat lumba-lumba di tengah perairan pantai utara bali. Sayangnya setelah 2 jam mengitari laut tidak satu pun lumba-lumba yg saya lihat. Ada beberapa rekan yang sempat melihat lumba-lumba, tetapi kekecewaan cukup dibayar dengan indahnya pemandangan sunrise dari perahu.

Saran: bila ingin melihat lumba-lumba sebaiknya pada saat sedikit perahu yg melaut, bila perahu ramai sepertinya lumba-lumba pada ketakutan.

Siangnya selepas makan di Singaraja, kita jalan2 menuju ke arah timur kota Singaraja. Tujuannya adalah air terjun SEKUMPUL, desa Sawan-Buleleng. Air terjun ini sangat alami, masih jarang wisatawan yg menuju ke sana.

Kita harus parkir di halaman rumah penduduk yang memang khusus menyediakan lahan untuk parkir mobil. Berjalan kaki sekitar 700 meter mengitari persawahan, perkampungan dan sungai kecil. Banyak pemandangan yg bisa dinikmati sepanjang perjalanan menuju air terjun.

Air terjun ini terdiri dari 4 rongga, kita bisa menyusuri anak tangga sampai ke dasar air terjun. dari atas bukit bisa melihat pemandangan air terjun yg diselimuti kabut.

Hari ketiga, setelah check out dari hotel Sunari kita melanjutkan perjalanan menuju danau Buyan. Kali ini kita stay di Hotel Bali Handara Kosaido, dengan pemandangan golf range.... sangat indah.

Tidak sedikit yang bisa kita nikmati di Bedugul, salah satu tempat favorit keluarga saya adalah Kebun Raya Bedugul. Banyak fasilitas disini, selain hanya bermalas-malasan tidur diatas tikar yg kita lebarkan di padang rumput. Flying fox sekitar 150rb untu dewasa....

Selain itu tentunya kita harus ke danau Beratan, mengitari danau dengan speedboat, jetsky, parasailing, melihat goa dengan sampan, memancing dan tentunya menikmati buah-buahan yg di jual sepanjang pasar.

Di sisi timur danau Baratan terdapat candi Kuning, pemandangan yang sangat bagus untuk mengampil beberapa foto. Di sini juga bisa bermain speda perahu.

Selain itu danau Buyan dan Tamblingan juga bisa di singgahi, meskipun kedua danau ini tidak seterkenal saudaranya danau Beratan.

Satu lagi tempat kongkow yaitu kebun strawberry, kita bisa menikmati sajian yang semuanya berbahan dasar strawberry.

to be continue......

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello everyone!
I would like to burn a theme at this forum. There is such a thing, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For several years , I earn money with the help of these programs.
I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I make 2G daily, and I started with funny 500 bucks.
Right now, I managed to catch a guaranteed variant to make a sharp rise . Turn to my blog to get additional info.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Anonim mengatakan...

complivit hungarytitle justifyfont savvy parkway qualitative route tumbling unloading googlehttp cognizant
lolikneri havaqatsu